Pemkab Sampang Ciptakan Dua Program Inovasi “SIG4TA dan Beasiswa SAHABAT”

  • Bagikan
Pose bersama Bupati Sampang (H. Slamet Junaidi) didampingi Forkopimda, Sekdakab dan Kepala Bappelitbangda Kab.Sampang.

Sampang || Rega Media News

Ada beberapa masalah pengelolaan data dan informasi yang belum akurat dan belum terintegrasi di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sampang, serta belum tersedianya infrastruktur pusat data berkaitan pengelolaan data spasial.

Dalam menyikapi hal tersebut, Pemkab Sampang melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), membentuk suatu Sistem Integrasi Geospasial Untuk Sampang Satu Data atau disebut SIG4TA.

Hal ini dikatakan Kepala Bappelitbangda Kabupaten Sampang Hj Umi Nanik Laila, saat acara Launching SIG4TA dan Beasiswa Sampang Hebat Bermartabat (Sahabat), serta Penganugerahan Sampang Berinovasi (Sabernova) tahun 2021, Jum’at (04/06/21) malam yang dilaksanakan di Pendopo Bupati Sampang.

“Dengan adanya SIG4TA ini, nantinya dapat memudahkan Bupati Sampang dalam melihat perkembangan pembangunan disetiap lintas sektor, sehingga dapat melihat dan menilai setiap keaktifan kinerja di masing-masing OPD,” ujar Hj Umi Anik.

Juga membentuk program Beasiswa Sahabat, karena menurutnya, program tersebut adalah suatu bentuk implementasi dari gagasan Bupati Sampang, dalam rangka menjamin putra-putri Sampang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

“Program beasiswa nantinya ada berbagai macam, mulai dari Prestasi, Bidik Misi, Tuntas, Champion dan Peduli. Hal ini sebagai implementasi gagasan Bupati Sampang dalam menjamin putra-putri Sampang, agar bisa melanjutkan kependidikan tinggi,” ujarnya.

Selain itu, imbuh Hj Umi Anik, mencanangkan Sabernova, karena menurutnya, hal itu merupakan ajang Sampang Berinovasi bagi masyarakat umum dan OPD yang telah dilombakan di Tahun 2021. Nanti akan kita canangkan sebagai tahun inovasi, termasuk OPD yang tidak Inovatif nantinya akan ada punishment khusus.

Sementara itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengatakan, ia sangat mengapresiasi terhadap inovasi yang dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yakni SIG4TA dan Beasiswa Sahabat.

“Saya berharap, ada punishment bagi Organisasi Perangkat Daerah yang tidak inovatif, agar semakin termotivasi untuk berkreasi dalam memberikan program yang memiliki manfaat dan inovasi,” tutur H. Slamet Junaidi.

Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sampang ini juga mengatakan, kedepan pihaknya juga akan terus melihat langkah konkrit dari seluruh OPD, untuk ikut mensukseskan program SIG4TA yang telah dilaunching agar ada integrasi data.

“Hal ini sangat bermanfaat bagi para investor yang akan melihat Sampang secara keseluruhan. Sebab, selain sisi keamanan, kesiapan Pemerintah Daerah juga menjadi penilaian oleh investor. Jika investor berdatangan, manfaatnya akan ada perekrutan tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran di Sampang,” ucapnya.

H. Slamet Junaidi juga menegaskan, kemajuan Kabupaten Sampang ada pada pundak Kepala OPD sebagai ujung tombak pelaksanaan program, bukan pada dirinya saja dan jangan pernah memposisikan sebagai pejabat, akan tetapi sebagai pelayan masyarakat.

  • Bagikan
Klik disini??
Ada Informasi??
Selamat Datang Di regamedianews.com
Silhkan Sampaikan Informasi Anda !!!!