Bantuan Beras Dari Kemensos Tak Layak Konsumsi

Bantuan paket beras dari Kemensos yang tiba di Kabupaten Bangkalan.

Bangkalan || Rega Media News

Beredar video penolakan bantuan beras tidak layak konsumsi, untuk masyarakat Bangkalan, Madura, yang diterima Dinas Sosial (Dinsos) setempat.

Video viral itu menunjukkan Tim Koordinasi murka, lantaran bantuan beras dari Kementerian Sosial (Kemensos) terhadap Pemerintah Bangkalan tidak layak konsumsi.

Hal itu terungkap, pasca ketua tim kordinasi Mahmudi bersama Kepala Dinas Sosial, Wibagiyo Suharta, mengecek langsung 3.000 paket bantuan beras yang baru tiba dan disimpan di gudang Dinsos.

“Kualitas berasnya sangat jelek, tidak layak konsumsi, warnanya kuning dan kutuan,” kata Timkor Bansos Pangan Mahmudi Ibnu Khotib, Selasa (03/08/21) kemarin.

Bupati LSM LIRA Bangkalan ini protes dan beranggapan Kabupaten Bangkalan bukan tempat pembuangan sampah. Apalagi masyarakat disuruh konsumsi beras yang tidak laya.

“Kami memprotes, ya sudah tolak (bantuan beras) ini, kayak gini disuruh makan, masyarakat Bangkalan bukan tempat pembuangan sampah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bangkalan, Wibagio Suharta membenarkan. Menurutnya, ia sudah melaporkan terhadap Dinsos Provinsi Jawa Timur berasnya tidak layak, namun tidak digubris.

“Jawabannya suruh diterima saja dulu, kalau ada komplain nanti urusan belakang,” ucapnya singkat.