Daerah  

Musrenbang RKPD 2023, Camat Robatal Ingin Program Diusulkan Bermanfaat

Caption: kegiatan Musrenbang RKPD Tahun 2023 Kecamatan Robatal (Dok: Diskominfo Sampang).

Sampang || Rega Media News

Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sampang Tahun 2023, di Kecamatan Robatal selesai dilaksanakan, Selasa (08/02/2022).

Tema sentral yang dibahas dalam Musrenbang tersebut yakni, “Pembangunan infrastruktur untuk mendukung pemantapan pemulihan ekonomi serta peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia menuju Sampang Hebat Bermartabat”.

Hadir dalam kegiatan itu diantaranya, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Sekretaris Daerah H. Yuliadi Setiawan, Ketua TP PKK Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi, Anggota DPRD Sampang Dapil III Moh. Iqbal Fatoni, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forkopimcam Robatal, Kepala Desa, Ketua TP PKK Kecamatan dan Desa, Tokoh Agama serta masyarakat di Kecamatan Robatal.

Camat Robatal Achmad Firdausi dalam sambutannya menyampaikan, Musrenbang bertujuan untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023, berupa usulan program kegiatan yang realistis dan berkualitas berdasarkan kebutuhan masyarakat.

RKPD 2023 lanjutnya, memiliki arti dan posisi yang sangat strategis, karena merupakan tahap percepatan untuk mencapai target kinerja pembangunan.

Firdausi juga menyampaikan berbagai potensi yang ada di wilayahnya mulai dari pertanian dan industri.

“Kami usulkan berbagai program di Tahun 2022 mulai dari pembangunan infrastruktur betonisasi jalan, jembatan, RTLH, PJU serta dari sektor perekonomian dan sosial budaya,” terangnya.

Selain itu, kata Firdausi, berbagai program yang sudah direalisasikan untuk masyarakat di Kecamatan Robatal sudah dirasa manfaatnya seperti masyarakat Gunung Rancak yang kini aksesnya sudah dibetonisasi, terima kasih Bapak Bupati dan Wakil Bupati Sampang.

Di tahun depan, diharapkan program yang akan dirembukkan oleh stakeholder betul-betul bermanfaat, untuk masyarakat baik dari bidang infrastruktur, ekonomi dan sosial budaya.

“Saya berharap, Musrenbang kecamatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Kegiatan atau program yang diusulkan para Kepala Desa merupakan program prioritas yang sangat dibutuhkan masyarakat. Selain pembangunan infrastruktur, juga yang menyasar pada peningkatan ekonomi masyarakat,” singkatnya.

Di tempat yang sama, Ketua TP PKK Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi juga berkesempatan memberikan arahan saat Pembukaan Musrenbang RKPD 2023 Kecamatan Robatal.

“Usulan program pemberdayaan perempuan harus juga direalisasikan, sesuai visi misi Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas dan Berdaya Saing,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat menyampaikan, Musrenbang RKPD tahun 2023 ini tidak hanya sekedar acara seremonial, namun betul-betul dijadikan sebagai forum mempertajam rencana pembangunan.

Pihaknya mengakui karena adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan tidak tercapainya seluruh program yang telah dicanangkan di awal kepemimpinan, karena diharuskan melakukan refocusing anggaran.

“Apa yang dilakukan hari ini harus merupakan usulan program prioritas yang diajukan dari desa, sehingga tidak ada yang akal-akalan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” pungkasnya.

Wabup yang akrab disapa Aba Ab ini juga berpesan kepada para Kades dan Pj. Kades yang hadir agar senantiasa bersinergi dengan seluruh pihak dan memiliki niat tulus memajukan desanya.

“Suksesnya Kabupaten Sampang tolak ukurnya ketika desa-desanya maju, mari niatkan ibadah, berinovasi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Pemkab Sampang menurutnya memperhatikan akses Jalan Kabupaten, diantaranya Gunung Rancak – Tobai Barat yang menghubungkan kecamatan Robatal dan Sokobanah akan selesai di tahun ini betonisasinya.

“Kami ingin ada pertukaran ekonomi antar kecamatan, selain itu masyarakat akan merasakan manfaatnya karena betonisasi ini awet kualitasnya,” pungkasnya.