Daerah  

Puluhan Warga Sampang Jalani Operasi Katarak Gratis di RSD Ketapang

Caption: sejumlah warga antuasias ikuti operasi katarak gratis yang di prakarsai YPP Indonesia dan RSD Ketapang.

Sampang || Rega Media News

Rumah Sakit Daerah (RSD) Ketapang, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, bekerjasama dengan Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) Indonesia menggelar kegiatan bakti sosial operasi katarak secara gratis.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari. Yakni, dari tanggal 12-13 Maret 2022 dan diikuti sebanyak 50 pasien penderita katarak yang tersebar di 14 Kecamatan Sampang.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur RS Ketapang dr Juan Setiadi Zenniko mengatakan, terselenggaranya kegiatan itu atas kerjasama RSD Ketapang dengan YPP Indonesia.

“Tujuan dari bakti sosial operasi katarak gratis ini untuk membantu beban masyarakat yang membutuhkan pertolongan. Walaupun, dari 50 pasien yang ditangani ini tergolong berat tapi Alhamdulillah sukses berjalan lancar,” ungkapnya, Minggu (13/03/2022).

Lebih lanjut dr Zenniko mengutamakan, RSD Ketapang beberapa kali telah mengadakan bakti sosial operasi katarak gratis. Sesuai keinginan Bupati Sampang H. Slamet Junaidi, agar bagaimana RSD Ketapang tidak hanya memberikan layanan kesehatan yang maksimal bagi masyarakat kurang mampu.

“Meski operasi katarak itu operasi ringan tapi hasilnya sangat luar biasa, karena setelah kataraknya diangkat, g bisa lebih produktif menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lancar,” ujar dr Zenniko.

dr Zenniko menambahkan, kerjasama pihaknya dan YPP, serta dr. Hadi soesilo, Sp, M., terus terjalin dengan baik.

“Kami berharap dengan bantuan yang diberikan dapat menjadi jalan kesembuhan bagi mereka sehingga tetap dapat berkarya serta menjalani kehidupan dengan bahagia, mandiri dan berdaya karena mata memiliki peran penting bagi kehidupan seseorang,” pungkasnya.