Daerah  

47 Poktan Terima Hand Traktor, Disperta KP Sampang Harap Tingkatkan Produktivitas

Caption: saat Poktan mengambil bantuan Hand Traktor di kantor Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sampang, (Dok. Muadi/Regamedianews).

Sampang,- Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, menyalurkan bantuan hand traktor kepada 47 Kelompok Tani yang tersebar di 11 Kecamatan Kabupaten Sampang.

Kepala Disperta KP Sampang Suyono melalui Kabid Tanaman Pangan Dan Holtikultura, Nurdin menyampaikan, bantuan 47 unit mesin pertanian berupa hand traktor tersebut, bersumber dari dana Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2022.

“Dari 47 Kelompok Tani yang menerima bantuan hand traktor itu, tersebar di 11 Kecamatan. Kecuali Kecamatan Ketapang, Banyuates dan Tambelangan,” ujar Nurdin, Rabu (30/11/2022).

Tidak hanya hand traktor, lanjut Nurdin, pihaknya juga menyalurkan bantuan mesin pertanian berupa Cultivator sebanyak 3 unit kepada tiga Kelompok Tani.

Ia berharap, hand traktor yang diserahkan itu mampu meningkatkan produksi pertanian di kabupaten Sampang. Lantaran, saat ini pertanian menjadi sektor yang sangat strategis, karena menunjukkan tren positif di masa pandemi beberapa waktu lalu.

“Untuk itu, penerapan teknologi sangat diperlukan dalam mempertahankan peningkatan produktivitas. Semoga bantuan ini dapat mendorong dan membangkitkan semangat petani di Sampang, tidak hanya meningkatkan hasil pertanian, tapi juga kesejahteraan para petani,” harapnya.

Nurdin menambahkan, petani merupakan aset insani yang perlu mendapat prioritas dalam penyusunan perencanaan program pembangunan pertanian, sehingga menjadi lokomotif, penggerak, serta pelopor yang inovatif, kreatif, profesional, mandiri, mampu bersaing dan berwawasan global.

“Manfaatkan, jagalah bantuan hand traktor dan cultivator itu sebaik mungkin agar tidak mudah rusak,” pesan Nurdin.