Daerah  

Diikuti 940 Peserta, Bupati Buka MTQ ke-54 Tingkat Kabupaten Asahan

Caption: Pelepasan balon secara bersama-sama oleh Bupati dan Wakil Bupati (foto/ir).

Asahan,- Sebanyak 940 peserta dari 25 Kecamatan ikut dalam perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-54 Tingkat Kabupaten Asahan yang menurut jadwal dari pihak Panitia dilaksanakan¬† selama sepekan, kegiatan tersebut digelar di Kecamatan Bandar Pulau, Asahan, Sumatera Utara.

Pembukaan berlangsung dengan meriah, diisi dengan Pawai Ta’ruf

Acara pembukaan diikuti 25 Kalifah dari masing-masing Kecamatan serta Camat, ASN, Pelajar dan masyarakat dengan diiringi Drumband, selain Pawai Ta’ruf acara juga diisi dengan pelepasan balon secara bersama-sama oleh Bupati dan Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin serta unsur Forkopimda dan tamu lainnya.

 

Diacara itu juga Bupati yang didampingi Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar menyerahkan penali kasih kepada Muhammad Daud karena berhasil meraih Juara II Cabang Tilawah Golongan Remaja Putra pada MTQ Nasional Tahun 2022 di Kalimantan Selatan sebesar 75 juta rupiah, hal serupa juga diterima Naura Muthia Khasyi Marpaung dan Suhalla Rahmi, masing-masing sebesar 50 juta rupiah.

 

“Terimakasih kepada Muhammad Daud Sitorus, Naura Muthia Khasyi Marpaung dan Suhaila Rahmi yang telah berhasil mengharumkan nama Kabupaten Asahan dikancah Nasional,” ujar, Senin (27/02/2023).

 

Terkait dengan kegiatan MTQ yang sedang digelar Bupati meminta kepada seluruh peserta untuk menampilkan kemampuan terbaiknya hingga akhir pelaksanaan sehingga sehingga dapat menghasilkan Qari dan Qari’ah, Hafidz dan Hafidzah terbaik yang akan menjadi duta Kabupaten Asahan pada event seleksi Tilawatil Qur’an Tingkat Provinsi dan Nasional.

 

“Kepada Dewan Hakim Bupati meminta untuk benar-benar menyesuaikan penilaian pemenang dengan ketentuan aturan yang berlaku,” imbau Surya.

 

Menurut rencana, pelaksanaan MTQ akan berlangsung selama sepekan (27 Februari 2023 – 05 Maret 2023) dengan jumlah peserta sebanyak 940 orang yang terdiri dari 473 putra dan 467 putri.

 

Sedangkan cabang perlombaan yangdipertandingkan adalah Cabang Tilawah, Hifzil Qur’an, Hifzil Hadist, Khattil Qur’an, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Qira’ah Sab’ah Mujawwad, Qira’ah Sab’ah Murottal dan Karta Tulis Al-Qur’an.

..