Daerah  

Paguyuban PKL Binaan GKS Gandeng Pengusaha Sukses

Caption: saat berlangsungnya kegiatan mandiri dua paguyuban PKL binaan GKS, (dok. regamedianews).

Sampang,- Dua paguyuban Pedagang Kaki Lima (PKL) binaan Garda Kawal Sampang (GKS), yang berada Jl. Wijaya Kusuma maupun sekitarnya, mulai menunjukkan inovasinya.

Pasca beberapa waktu dilirik Pegadaian Syari’ah, kali ini dua paguyuban binaan GKS tersebut, menggandeng Halal Center Cendekia Muslim (HCCM) dan sejumlah pengusaha sukses.

Hal itu terlihat, saat sejumlah PKL dua paguyuban dari Sang Engon dan Buana Santap Abadi melaksanakan silaturahmi, dikemas “Temu PKL dengan pengusaha sukses dan HCCM”.

Kegiatan yang diinisiasi dua paguyuban itu, dilaksanakan di Joglo Alun-Alun Trunojoyo, dihadiri pihak Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Sampang, Kamis (09/03/2023) pagi.

Kabid Perindustrian Diskopindag Sampang Herminiwati mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi secara mandiri oleh kedua paguyuban PKL tersebut.

“Baru kali ini saya berinteraksi dalam kontek pembinaan dengan PKL, luar biasa dan saya mengapresiasi sepenuhnya,” ujar Herminiwati.

Dalam kegiatan ini, kata Herminiwati, pihaknya memberikan petunjuk serta arahan terkait tata cara pengajuan hak paten merek, uji nutrisi dan aspek layanan.

“Walaupun PKL, ternyata ada juga jenis produk yang mengarah kepada Industri,” ungkapnya.

Sementara itu, owner Martabak Hawai Rahman Setiadi menyampaikan, tentang perjalanannya selama berbisnis, hingga mencapai sukses memiliki outlet ratusan di nusantara.

“Untuk mencapai kesuksesan melalui niat, kejujuran, rajin bersedekah serta pondasi terpenting menjalankan nilai-nilai agama dengan istiqomah,” tutur Rahman.

Ditempat yang sama, ketua paguyuban PKL Sang Engon Nadia Ulfah mengatakan, tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kapasitas SDM, bagi anggota dua paguyuban dan kapasitas kelembagaan.

“Kami berharap, kegiatan secara mandiri terus berlanjut, termasuk bimbingan dari para pembina, baik dari Diskoperindag maupun pihak lainnya,” ujarnya.

Sementara ketua paguyuban PKL Buana Santap Abadi Zidan menambahkan, terpenting dalam kegiatan ini lebih pada merekatkan tali silaturahmi antar PKL.

“Kegiatan tersebut, juga sebagai bentuk kepedulian antara pembina, pengurus dua paguyuban, untuk menepis sorotan negatif yang selama ini ditujukan kepada PKL,” tegasnya.

Sekedar diketahui, dalam kegiatan silaturahmi tersebut, selain dihadiri pihak Diskopindag, juga turut dihadiri dua anggota GKS Abdul Azis dan Supriyadi, sekaligus pembina dua paguyuban PKL.