Daerah  

Secara Transparan, Pemilihan BPD Paseyan Sampang Kondusif

Caption: saat berlangsungnya pemilihan anggota BPD Paseyan, Sampang, (dok. Harry Regamedianews).

Sampang,- Dilaksanakan secara transparansi, rapat musyawarah atau pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Paseyan, Sampang, Madura, Jawa Timur, berlangsung kondusif.

Pemilihan anggota BPD yang digelar secara terbuka tersebut, disaksikan langsung Forkopimcam Sampang, tokoh agama dan tokoh masyarakat desa setempat, Kamis (16/03/2023).

Dalam pelaksanaannya, pemilihan calon anggota BPD Paseyan digelar di tiga dusun secara bergantian, yakni di Dusun Tasek’an, Dusun Gurdibih dan Dusun Lembung.

Sebelumnya, Komandan Koramil 0828/01 Sampang Kota Kapten Inf Moh Suni mengatakan, pemilihan BPD Paseyan dilaksanakan sesuai aturan yang ada, dan tidak boleh keluar dari koridor.

“Jika ada permasalahan, supaya diselesaikan secara kepala dingin, bermusyawarah dan tidak main hukum sendiri,” tegas eks Pasi Intel Kodim 0828 Sampang ini.

Namun kendati demikian, kata Suni, dalam hal ini perlu peran aktif keamanan desa, yaitu para tokoh masyarakat, sehingga penetapan calon BPD bejalan lancar, aman dan kondusif.

“Nantinya, bagi calon BPD terpilih agar tidak melakukan euforia, dan mengedepankan pemikiran positif. Kami disini mengawal pemilihan BPD Desa Paseyan,” tandasnya.

Hal senada disampaikan Kapolsekta Sampang AKP Tomo, berharap pemilihan BPD berjalan aman dan kondusif, tentunya dengan bisa menjaga keamanan.

“Karena dalam pemilihan BPD, pasti ada yang terpilih dan tidak terpilih. Oleh karena itu, jangan sampek ada pihak-pihak yang melakukan kegaduhan,” tegas Tomo.

Sesuai undang-undang yang ada, dalam pemilihan BPD tidak boleh melenceng dari peraturan daerah, dan semua pihak bisa menyadari, serta pelaksanaannya berlangsung kondusif.

“Sehingga pembangunan desa ke depan bisa berjalan dengan baik. Alhamdulillah, pemilihan BPD Paseyan ini dilaksanakan secara terbuka dan transparansi,” pungkas Tomo.

Sementara itu, Camat Sampang Yudhi Adidarta mengatakan, dalam pemilihan BPD Paseyan dilaksanakan sesuai Peraturan Bupati (Perbup), dalam aturan sudah jelas melalui musyawarah mufakat.

“Sedangkan, untuk calon BPD harus penduduk Desa Paseyan. Kehadiran kami disini menyaksikan dan mengetahui pemilihan, namun tentunya harus sesuai aturan,” tutur Yudhi kepada regamedianews.com.

Yudhi menambahkan, pihaknya bersyukur karena pengisian atau pemilihan BPD Paseyan dilaksanakan secara musyawarah terbuka, berjalan lancar, aman dan kondusif.

“Bagi calon anggota BPD terpilih, nantinya akan diusulkan kepada Bupati Sampang, selanjutnya dibuatkan Surat Keputusan (SK) penetapan dan pelantikan anggota BPD Paseyan,” ucapnya.

Ditempat yang sama ketua panitia pemilihan BPD Paseyan Moh Thoriqil Akmal menyampaikan, pemilihan anggota BPD ini, sudah dilaksanakan sesuai Perbup dan secara terbuka.

“Pemilihannya disaksikan langsung Forkopimcam Sampang. Alhamdulillah, terlaksana dengan lancar, aman dan kondusif. Semuanya ada 10 calon perwakilan dari masing-masing dusun,” ujar Thoriq.

Namun, dari 10 calon yang lolos seleksi administrasi, nantinya ada 7 orang bakal ditetapkan sebagai anggota BPD Paseyan. Kendati demikian, masih dilakukan pemilihan secara terbuka.

“Masing-masing perwakilan dusun, diantaranya Dusun Tasek’an 3 orang, Dusun Gurdibih 2 orang dan Dusun Lembung 5 orang, namun yang dibutuhkan hanya 2 orang,” jelasnya.

Lebih lanjut Thoriq mengungkapkan, di Dusun Tasek’an ada 3 calon BPD yang ditetapkan, karena kapasitas penduduk di dusun tersebut lebih banyak daripada dusun lainnya.

“Sedangkan 5 calon BPD dari Dusun Lembung, dilakukan pemilihan suara terbanyak. Alhasil, 2 orang terpilih dan ditetapkan anggota BPD, yakni Ahmad Mustofa dan Aufal Maram,” pungkasnya.

..