Jenderal Dudung Dapat Anugerah Kesultanan Bangkalan

Caption: Kasad Jenderal Dudung Abdurachman saat diwawancara awak media, (dok. Syafin Regamedianews).

Bangkalan,- Kepala Staf Angkatan Darat (Kasat AD) Jenderal Dudung Abdurachman sambangi Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Senin (20/03/23) pagi.

Kedatangannya tersebut, dalam rangka menerima anugerah kehormatan sebagai keluarga besar Kesultanan Bangkalan, dan menghadiri karapan sapi Piala KASAD di stadion R. Muhammad Noer.

Pemberian anugerah kesultanan Bangkalan ini berlangsung di Pendopo Agung Bangkalan, Madura. Disematkan tongkos, Dudung Abdurachman disambut meriah keluarga kesultanan Bangkalan dengan didampingi Istri tercintanya, Rahma Dudung Abdurrahman.

Anugerah gelar kebangsawanan diberikan langsung pimpinan yayasan Kesultanan Bangkalan Raden Hamid Mustari Cakradiningrat (74). Hal ini dilakukan, karena Jenderal Dudung dianggap sebagai tokoh nasional dan memilik jabatan strAtegis di lingkungan TNI Angkatan Darat.

Ketua yayasan Kesultanan Bangkalan, Raden Hamid Mustari Cakradiningrat (74), dalam surat keputusan dijelaskan, menimbang dan seterusnya, Peraturan Daerah Kabupaten Bangkalan nomor 6 tahun 2017 tentang pelestarian budaya yang ada di Kabupaten Bangkalan.

“Musyawarah yang digelar kesulatanan di sekretariat Yayan Kesultanan Bangkalan, memutuskan, Kepala Staf Jenderal TNI doktor H. Dudung Abdurachman sebagai keluarga besar Kesultanan Bangkalan,” tuturnya.

“Pengangkatan dilakukan, berdasarkan karena ketokohan dan jabatannya,” Ucap melalui petugas yayasan kesultanan, Panji Prasena disaat membacakan penganugrahan gelar.

Selain diberi anugerah anggota kehormatan Sultannan, menurut Panji, Kasat AD Jenderal Dudung juga diberi pangkat dan nama khusus menjadi Mas Panji Dudung Abdurachman Suryoadiningrat.

“Keputusan berlaku sejak tanggal pengobatan, dan akan ada perbaikan apabila dibelakang hari ada kekeliruan,” tuturnya.

Anugerah gelar kebangsawanan yang diberikan kepada Jenderal Dudung Abdurrahman, merupakan sebuah kehormatan untuk dirinya, sekaligus menjadi kebanggan TNI pada umumnya, terlebih TNI Angkatan Darat.

“Saya terus terang mendapat gelar Mas Panji Suryoadiningrat, dengan gelar Bangsawan di Kabupaten Bangkalan,” ucap Jenderal Dudung Abdurachman.

Pada kesempatan itu, kata Dudung, dirinya mengucapkan banyak terimakasih kepada Yayasan Kesultanan Bangkalan, karena diberi kesempatan, kepercayaan dan kehormatan.

“Ini sebagai konsekuensi baik sebagai saya pribadi, maupun sebagai TNI Angkatan Darat,” terang Kepala Staf TNI Angkatan Darat itu dihadapan awak media.