Daerah  

Safari Sholat Dzuhur, Satbinmas Polres Sampang Sampaikan Imbauan Kamtibmas

Caption: Kanit Bintibsos Satbinmas Polres Sampang Aipda Liwail Amri, menyampaikan imbauan Kamtibmas saat safari sholat dzuhur, (dok. regamedianews).

Sampang,- Disaat bulan suci ramadhan, Polres Sampang jajaran Polda Jawa Timur, mengajak masyarakat untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Hal itu disampaikan Kapolres Sampang AKBP Siswantoro, diwakili Kanit Bintibsos Satbinmas Polres Sampang Aipda Liwail Amri, saat safari sholat dzuhur, di masjid Al Hikmah Jl.Imam Ghazali, Sampang, Rabu (05/04/2023) siang.

“Di bulan ramdhan ini, mari kita tingkatkan kualitas ibadah kita dengan sebaik mungkin. Mari kita memakmurkan masjid ini dengan kegiatan seperti tadarus, sholawatan dan ibadah lainnya,” ujar Amri.

Selain itu, ungkap Amri, ia menghimbau kepada jama’ah masjid agar bersama-sama menjaga kesucian bulan ramadhan, dengan tidak melakukan perbuatan tercela, yang dapat mengganggu ketertiban umum.

“Pada saat bulan suci ramadhan, hendaknya saling menjaga toleransi dan saling menghargai antar umat beragama. Hindari penyalahgunaan narkoba, pesta miras, prostitusi ataupun tindak pidana lainnya,” imbaunya.

Tidak hanya itu, imbuh Amri, ia juga menghimbau masyarakat agar selalu tertib berlalu lintas, dengan tidak melakukan kegiatan balapan liar dan menggunakan knalpot brong.

“Karena sudah banyak contohnya, akibat melakukan balap liar dan tidak mematuhi dan tertib berlalu lintas, nyawanya melayang sia-sia dijalan raya,” tandasnya.

Lebih lanjut Amri menghimbau, masyarakat untuk tidak melakukan aktifitas, membuat, menjual dan atau membunyikan mercon, petasan, kembang api ledak dengan alasan apapun.

“Hal itu dapat mengganggu pelaksanaan ibadah di bulan suci ramadhan, karena dampaknya sangat berbahaya, bagi keselamatan diri sendiri maupun orang lain,” tegas Amri.

Dihimbau juga, tutur Amri, masyarakat untuk tidak melakukan konvoi kendaraan dan sahur on the road, karena dapat memicu adanya perkelahian, tawuran antar kelompok.

“Hindari menyebarkan berita hoax dan ujaran kebencian di media sosial, hendaknya kita sebagai umat muslim untuk selalu bertabayyun terlebih dahulu (klarifikasi), sebelum berita tersebut di share kepada orang lain,” ungkapnya.

Maka dari itu, tambah Amri, mari jaga iman dan perilaku kita, supaya lebih bijak didalam bermedia sosial, khususnya selama bulan ramadhan. Sebagai orang tua agar terus menjaga ,mengawasi keberadaan anak-anaknya.

“Pastikan sebelum pukul 22.00 wib, anak-anak kita sudah berada didalam rumah, agar tidak menjadi korban kejahatan jalanan atau bahkan menjadi pelaku kejahatan,” pesannya.

Oleh karenanya, tutur Amri, mari kita selalu waspada dan hati-hati terhadap segala bentuk gangguan keamanan, maupun tindak pidana kejahatan selama bulan suci ramadhan.

“Apabila mendapatkan ancaman, gangguan bahkan tindak pidana yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat, segera laporkan kepada kepolisian terdekat, atau bhabinkamtibmas dan bisa juga menghubungi call center Polri 110,” pungkasnya.