Diterjang Angin, Rumah Warga Sampang Ambruk

Captiom: Tim BPBD Sampang saat meninjau lokasi rumah warga Jl.Kramat yang ambruk, (dok. regamedianews).

Sampang,- Nahas dialami Jumaati (48), warga Jl.Kramat, Karangdalam, Sampang, Madura, Jawa Timur, rumah yang ditempatinya ambruk.

Laporan yang diterima regamedianews, rumah itu ambruk disebabkan diterjang angin kencang dan faktor konstruksi bangunan yang rapuh.

Muhammad Hozin Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangaan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang, membenarkan kejadian tersebut.

“Kejadiannya pada Minggu (10/03/2024) dini hari, sekira pukul 01:15 wib,” ujar Hozin, dalam laporan tertulisnya.

Akibat cuaca extrem dan angin kencang, ungkap Hozin, rumah Jumaati ambruk dan sebagian rumah rusak berat, termasuk perabotnya.

“Untungnya, dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, hanya kerusakan material rumah,” ungkap Hozin, Minggu (10/03) siang.

Lebih lanjut Hozin mengatakan, pasca mendapat laporan warga yang mengalami bencana, pihaknya langsung melakukan peninjauan.

“Tadi kami bersama tim ke lokasi, dengan membawa sejumlah bantuan peralatan dan sembako yang diberikan kepada korban,” terangnya.

Hozin mengungkapkan, beberapa bulan terakhir cuaca di Kabupaten Sampang kurang membaik (musim penghujan) dan rawan bencana.

“Diimbau kepada masyarakat, agar tetap waspada dan berhati-hati, apabila terjadi hujan disertai angin kencang,” imbaunya.

Kendati demikian, imbuh Hozin, apabila terjadi bencana alam, masyarakat bisa menghubungi tim BPBD Sampang.

“Kami terapkan Layanan Cepat Tanggap Darurat Bencana (Lanceng Daruna), atau bisa menghubungi ke emergency call ; 081703224440,” pungkasnya.