Daerah  

Peringati HBP Ke-60, Lapas Narkotika Pamekasan Gelar Donor Darah

Caption: Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan ikut donor darah, (dok. regamedianews).

Pamekasan,- Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60, Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, menggelar donor darah.

Kegiatan donor darah yang ditempatkan di aula Lapas tersebut, sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat, Kamis (18/04/2024).

“Kegiatan ini bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI),” ujar Kalapas Narkotika Pamekasan Yhoga Aditya Ruswanto.

Yhoga mengungkapkan, donor darah merupakan rangkaian kegiatan HBP ke-60 ini, menjadi bentuk kepedulian UPT Pemasyarakatan.

“Khususnya Lapas Narkotika Pamekasan dan Bapas Pamekasan kepada sesama, sesuai dengan tema HBP Ke-60 yakni Pemasyarakatan Pasti Berdampak,” ungkapnya.

Menurut Yhoga, kegiatan ini menjadi salah satu kontribusi positif UPT Pemasyarakatan kepada masyarakat bekerjasama dengan PMI Pamekasan.

“Program donor darah menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ini, rutin digelar setiap tahun,” ujarnya.

Lebih lanjut Yhoga menyampaikan, mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama dari PMI Pamekasan, untuk suksesnya kegiatan donor darah.

“Terima kasih atas peran aktifnya selama ini, saya juga mengapresiasi peran dari seluruh pendonor yang terlibat,” tuturnya.

Menurut Yhoga, mendonorkan darah secara rutin juga baik bagi kesehatan diri. Selain itu, juga bentuk ibadah.

“Dinilai ibadah, karena kita menyumbangkan darah bagi mereka yang membutuhkan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan donor darah tersebut diikuti Kalapas Narkotika Pamekasan, PIPAS Cabang Lapas Narkotika dan seluruh pegawai Lapas, serta pegawai Bapas Pamekasan.

Sebelum mengikuti proses donor darah, calon pendonor diwajibkan mengisi formulir data keterangan fisik screening kesehatan, seperti pengecekan tekanan darah dan HB.

..