Daerah  

Polemik ADK, JCW Surati Ketua DPRD Sampang

Ketua JCW Sampang (H. Moh. Tohir) tengah bersama Wakil Ketua DPRD Sampang (Rudi Kurniawan).

Sampang, (regamedianews.com) – Alokasi Dana Kelurahan (ADK) tahun 2019 di Kabupaten Sampang terus menuai polemik dikalangan masyarakat, bahkan hingga saat ini menjadi sorotan terbaru bagi pegiat Lembaga Swadaya Masyarakat.

Salah satunya Jatim Corruption Watch (JCW) Sampang, tentunya dalam hal ini akan menjadi PR baru. Menyikapi polemik tersebut, JCW melayangkan surat kepada Ketua DPRD Sampang, dengan perihal pengaduan terkait penggunaan ADK.

Baca Juga meriah-acara-jelajah-gunung-sirtu-emas-dilepas-wabup-sampang-dan-anggota-dprd-provinsi-jatim

“Kami sudah melayangkan surat ke Dewan, terkait penggunaan ADK yang hingga saat ini menjadi polemik tak terselesaikan di kalangan masyarakat”, ujar Ketua JCW Sampang H. Moh. Tohir saat berada di kantor DPRD setempat, Senin (13/1/2020).

H. Tohir menyebutkan, dalam point surat tersebut diantaranya tentang transparansi penggunaan anggaran ADK yang cukup fantastis, yakni sekitar 7 miliar lebih. Selain itu, juga lemahnya fungsi pengawasan DPR terkait realisasi ADK.

“Kontroversi pemahaman unsur Pimpinan DPRD Sampang terkait ADK yang berdampak polemik di masyarakat. Legalitas beberapa pelaksana ADK dari konsultan perencana, konsultan pengawas dan kontraktor pelaksana”, urainya.

Tak hanya itu, dalam isi suratnya ia meminta camat sebagai PA (Pengguna Anggaran), lurah sebagai KPA dan tim teknis PPK dan PPTK di kelurahan agar membuka secara transparan terhadap masyarakat terkait pelaksanaan ADK.

Baca Juga gagal-ke-pelaminan-diduga-penyebab-carok-di-pamekasan

“Namun, dalam hal ini kami berharap semua laporan segera ditindak lanjuti oleh DPRD Sampang sebagai fungsi anggaran, pengawas dan legislasi. Jika tidak ada respon, ya tunggu saja, nanti kami akan konkretkan datanya”, ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sampang Rudi Kurniawan saat berada didepan ruang Ketua Dewan mengapresiasi pengaduan masyakat yang di sampaikan JCW. “Karena surat itu ditujukan kepada ketua, biarkan nanti ketua yang menanggapinya”, ujar Politisi Partai Nasdem ini.

Saat ditanya sebelumnya ada juga surat pengaduan masyarakat ke DPRD dari Aliansi Masyarakat Sampang (AMS) terkait ADK, ia mengaku belum mengetahui tentang hal tersebut. (adi/har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *