Daerah  

6 Desa di Sampang Terima Program Jatim Puspa

Caption: kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sampang.

Sampang || Rega Media News

Sebanyak 6 Desa di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, mendapatkan program Jatim Puspa Tahun 2022 dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Dari 6 Desa yang mendapatkan program tersebut, diantaranya Desa Taman dan Labuhan Kecamatan Sreseh. Desa Kebun Sareh dan Temoran Kecamatan Omben, Desa Banjar Kecamatan Kedungdung dan Bire Timur Kecamatan Sokobanah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kabupaten Sampang Chalilurrahman, melalui Penggerak Swadaya Muda, Jufri mengatakan, 6 desa itu sudah dipastikan mendapatkan program tersebut, karena pendamping masing-masing desa sudah mengikuti bimbingan teknis bersama Pemprov Jatim.

Kriteria program Jatim Puspa tahun 2022 ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena untuk tahun ini semuanya difokuskan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Graduasi Mandiri atau warga yang sudah diputus dari Program Keluarga Harapan (PKH).

“Kami hanya sebagai verifikasi dan memfasilitasi, karena yang menetapkan desa mendapatkan program ini adalah pemerintah Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan Dinas Sosial,” ujarnya, Rabu (30/03/2022).

Jufri menambahkan, terkait pagu anggaran program tersebut, pihaknya belum bisa menjelaskan karena masih dalam tahap verifikasi.

“Kami belum bisa menyampaikan pagunya karena di setiap desa yang mendapatkan program itu datanya tidak sama. Yang jelas pola pencairannya langsung ke rekening KPM dan DPMD sebagai pemantau atas realisasi program pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19,” pungkasnya.