Daerah  

JOKER “Ngopi”, Beberkan Visi Misi Kepada Pemerintah Desa

Caption: suasana saat berlangsung diskusi JOKER "Ngopi" bersama Pemerintah Desa di Pendopo Trunojoyo kantor Kecamatan Omben, (Doc: Harry/RMN).

Sampang || Rega Media News

Belum lama dibentuk, sejumlah jurnalis di wilayah Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, yang tergabung dalam komunitas Jurnalis Omben Kompak Bersatu (JOKER), mulai melakukan gerakan positif dengan cara koordinasi dengan lintas sektor.

Salah satunya bersinergi dengan Pemerintah Desa, Kecamatan, TNI, Polri dan Tenaga Kesehatan di wilayah setempat. Seperti yang dilakukan pada Jum’at (28/10/2022) malam, yakni menggelar diskusi dengan tema “Ngopi, Ngobrol Pintar Bersama Joker”.

Diskusi yang dilaksanakan di Pendopo Trunojoyo kantor Kecamatan Omben tersebut, bersamaan dan sekaligus dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 94, yang dihadiri camat, kapolsek, kepala desa dan kepala puskesmas.

Dalam sambutannya, Koordinator Joker H.Suja’e menyampaikan, kegiatan Ngopi (Ngobrol Pintar) tersebut, sebagai bentuk sinergitas pihaknya dengan lintas sektor, dan memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke 94.

“Dalam kegiatan ngopi itu, kami paparkan tentang maksud dan tujuan dibentuknya Joker, serta penyampaian visi misi kita kedepan, tidak lain untuk wilayah Kecamatan Omben berkembang, serta tercipta situasi aman dan kondusif,” ujar H.Suja’e.

Selain itu, ungkap H. Suja’e, sengaja pihaknya meminta kepada Pemerintah Kecamatan Omben, untuk menghadirkan seluruh kepala desa, agar pemerintah desa tau tentang tujuan dan maksud kita kedepan, jika pihaknya akan bersinergi untuk membangun desa.

“Karena selama ini, banyak informasi dari masyarakat, khususnya pemerintah desa, jika dibawah banyak oknum mengklaim dirinya sebagai wartawan/jurnalis, namun tidak sesuai dengan profesinya, yakni terkesan mencari kesalahan dengan menyajikan informasi yang tidak seimbang dan akurat,” ungkapnya.

Maka dari itu, imbuh H.Suja’e, pihaknya memaparkan tentang tugas pokok seorang wartawan/jurnalis, terlebih dalam hal ini (Joker), mempunyai visi misi yang sejalan dengan pemerintah desa dan forkopimcam omben.

“Tidak lain, kedepannya kami ingin bersinergi demi terciptanya kecamatan omben yang hebat bermartabat. Karena, kita tidak hanya sebagai penyaji informasi, melainkan juga akan bergerak di bidang sosial, ekonomi, pendidikan dan kesehatan,” jelasnya.

Ia menegaskan, pihaknya (Joker) siap membantu pemerintah desa menyampaikan informasi yang positif dan bermanfaat kepada masyarakat, terutama tentang program, maupun potensi yang ada di desa masing-masing.

“Karena dengan demikian, kita ada buat masyarakat dan menjadi penyambung lidah kepada pemerintah. Selanjutnya kita buat produk yang dikemas menjadi berita dan kita sampaikan kepada masyarakat. Mari bersinergi, wujudkan wilayah Kecamatan Omben maju dan berkembang,” pungkasnya.

Ditempat yang sama Camat Omben Didik Adi Pribadi menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi atas terbentuknya komunitas sejumlah awak media yang tergabung dalam Jurnalis Omben Kompak Bersatu (Joker).

“Kami sangat mendukung, terlebih visi misi yang disampaikan rekan-rekan Joker adalah hal positif. Tentunya, ini harus menjadi contoh dan motivasi bagi para awak media yang ada di wilayah kecamatan lain di Kabupaten Sampang,” tuturnya.

Pria kelahiran Jember ini juga menyampaikan, pihaknya berharap Joker bisa bersinergi dan berkoordinasi dengan pemerintah desa maupun kecamatan. Terlebih, maksud dan tujuannya untuk membangun dan mengangkat potensi-potensi yang ada di desa.

“Maka dari itu, kami berharap rekan-rekan awak media yang tergabung dalam Joker, intens berkoordinasi, sehingga dapat menyajikan informasi atau berita yang beredukasi kepada masyarakat, khususnya masyarakat Omben,” pungkasnya.

Disisi lain Kepala Desa Jrangoan H.Ali Mustofa juga mengapresiasi, atas terbentuknya komunitas Jurnalis Omben Kompak Bersatu (Joker). Ia menyakini, jika wartawan/jurnalis yang tergabung dalam Joker adalah wartawan berkompeten.

“Mari rubah mindset masyarakat, jangan sampai profesinya dirusak oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Kendati demikian, kami optimis jika visi misi Joker dalam membantu pemerintah desa akan terwujud, dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat desa,” tuturnya.

Pria yang juga menyandang status Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kecamatan Omben ini menyampaikan, kedepannya Joker tetap kompak dan selalu intens berkoordinasi dengan seluruh kepala desa yang ada di Kecamatan Omben.

“Mari saling bersinergi, kami berharap Joker menjadi pioneer para kepala desa untuk mengembangkan potensi-potensi desa, sehingga wilayah Kecamatan Omben menjadi Kecamatan Omben Hebat Bermartabat, demi terwujudnya Sampang Hebat Bermartabat,” pungkas H.Ali Mustofa.

Sementara itu, Ramli salah satu anggota Joker menambahkan, pihaknya berharap seluruh kepala desa dapat bekerjasama dalam sisi penyajian informasi kepada warga, tentang program pemerintah desa maupun potensi yang ada di desa.

“Selain kami mempublikasikan kepada masyarakat melalui media masing-masing, kami juga membentuk tim konten kreator yang dikemas dalam youtube, yakni dengan nama channel youtube (Joker_Channel). Jadi, selain informasi kita berbentuk narasi atau tulisan, kami juga tampilkan dalam bentuk video, melalui youtube tersebut,” pungkasnya.