Daerah  

Musrenbang RKPD 2024 Kecamatan Omben, Bupati Sampang Harapkan Pemdes Berinovasi Membangun Desa

Caption: Bupati Sampang menyampaikan sambutannya saat Musrenbang RKPD 2024 di Pendopo Kecamatan Omben, (dok. regamedianews).

Sampang,- Bertempat di Pendopo Graha Jokotole, kantor Kecamatan Omben, Bupati Sampang H.Slamet Junaidi membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sampang Tahun 2024, Senin (06/02/2023).

Musrenbang RKPD tersebut, dikemas dalam tema “Peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pengentasan kemiskinan, serta pembangunan ekonomi berkelanjutan menuju Sampang Hebat Bermartabat”.

Dalam kegiatan Musrenbangnya, Bupati Sampang didampingi Wakil Bupati Sampang H.Abdullah Hidayat, Sekdakab Sampang H.Yuliadi Setiyawan, Camat Omben Didik Adi Pribadi, serta dihadiri anggota DPRD Sampang Dapil VI, Forkopimcam, PJ Kepala Desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Camat Omben Didik Adi Pribadi menyampaikan, dalam empat tahun kepemimpinan Bupati dan Wabup Sampang, banyak program yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya masyarakat Omben.

“Ada banyak program peningkatan infrastruktur, ekonomi, sosial, budaya, kesehatan dan pendidikan, seperti halnya Program UHC, santunan anak yatim setiap bulan, umrah gratis kepada kaum dhuafa, betonisasi jalan, pemberian honor guru ngaji dan marbot,” ungkap Didik.

Orang nomor satu di lingkungan kantor Kecamatan Omben juga menjelaskan, Musrenbang RKPD tahun 2024 di tingkat Kecamatan ini, digelar sebagai tindak lanjut dari Musrenbang di tingkat desa (Musrenbangdes), sehingga arah pembangunannya terarah.

“Sebenarnya banyak perlu kami sampaikan dalam Musrenbang ini, diantaranya tentang minimnya Penerangan Jalan Umum (PJU), di jalan raya Desa Astapah, serta rencana pembangunan bekas kantor Kecamatan Omben yang lama, di Desa Rapa Laok, untuk dijadikan sebuah taman,” pungkasnya secara terpisah.

Sementara itu, Bupati Sampang H.Slamet Junaidi dalam sambutannya menyampaikan, Musrenbang RKPD ini sangat penting dilakukan, sebagai upaya meneruskan usulan dari desa yang akan diteruskan ke tingkat kecamatan, hingga ke kabupaten.

“Hal ini, adalah bentuk sinergi penyamaan persepsi, bagaimana pembangunan bisa terarah nantinya. Kami juga menekankan kepada Pemerintah Desa, untuk sama-sama berlomba-lomba menjadi desa mandiri,” tutur H.Slamet Junaidi.

Bupati yang akrab disapa abah Idi ini berharap, Pemerintah Desa untuk berinovasi, mengaktifkan BUMDes dan menggali potensi desa, agar bisa menghasilkan PADes yang nantinya bisa menggerakkan ekonomi masyarakat desa setempat.

“Kami juga berharap, Musrenbang RKPD di tingkat Kecamatan diharapkan menjadi momentum Pemerintah Desa, untuk dapat mengusulkan program yang betul-betul berskala prioritas. Karena, saat ini anggaran Pemerintah Daerah sangat minim, namun di satu sisi program yang ingin dibangun sangat banyak.

Sementara itu, imbuh abah Idi, anggaran untuk menuntaskan pembangunan Jalan Kabupaten masih kurang. Namun, satu-persatu telah dibenahi menyesuaikan dengan ketersediaan anggaran daerah, dan telah berupaya menunjang perekonomian masyarakat.

“Diantaranya, dengan melakukan betonisasi jalan Karang Gayam – Blu’uran di tahun 2022 dari anggaran DAK sebesar 16 miliar, yang notabene sebagai akses masyarakat Omben – Karang Penang. Maka dari itu, kami meminta support seluruh elemen masyarakat, untuk bersama membangun Sampang,” pungkasnya.