Daerah  

Dandim Aceh Selatan: Pancasila Menyatukan Bangsa

Caption: Dandim Aceh Selatan saat pimpin upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila, (dok. regamedianews).

Aceh Selatan,- Bertempat di halaman kantor Bupati Aceh Selatan yang lama, telah dilaksanakan upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila, Kamis (01/06/2023) pagi.

Dalam upacara tersebut, dipimpin langsung Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Arh Helmy Ariansyah, dan turut dihadiri Forkopimda Aceh Selatan, serta pejabat setempat.

Selain itu, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini, mengambil tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.

Saat pimpin upacara, Dandim 0107/Aceh Selatan, membacakan pidato Presiden Republik Indonesia, menegaskan Pancasila menyatukan keberagaman yang ada, sekaligus menjadi pemandu kehidupan bangsa.

“Hal itu, agar senantiasa sesuai dengan cita-cita pendirian negara, yakni mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” tutur Letnan Kolonel Arh Helmy Ariansyah.

Sejalan dengan itu, pengamalan nilai-nilai pancasila merupakan wujud rasa cinta kepada tanah air, nilai-nilai tersebut dapat diamalkan dalam bentuk paling sederhana, seperti saling menghargai, bekerjasama, dan saling menghormati.

“Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang begitu pesat dewasa ini, menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Nilai-nilai pancasila diharapkan dapat menjaga bangsa ini dari berbagai pengaruh buruk yang ada,” ungkap Helmy Ariansyah.

Lanjutnya, bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis pandemi Covid-19, hal ini membuktikan kekuatan pancasila dan kekuatan bangsa Indonesia.

“Namun perlu saya ingatkan pula bahwa angka stunting di Indonesia masih cukup tinggi, dan berada di atas ambang batas yang ditetapkan organisasi kesehatan dunia,” pungkas Helmy Ariansyah.