Daerah  

Penumpang Terminal Sampang Diimbau Waspada TPPO

Caption: anggota Satbinmas Polres Sampang memberikan imbauan antisipasi TPPO kepada penumpang bus Terminal Trunojoyo, (dok. regamedianews).

Sampang,- Polres Sampang jajaran Polda Jawa Timur, inten memberikan himbauan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), di wilayah hukumnya.

Diantaranya, himbauan dalam rangka mengantisipasi terjadinya Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), yang kini semakin marak.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Satbinmas Polres Sampang memberikan imbauan langsung kepada pengunjung dan penumpang di Terminal Trunojoyo Sampang, Kamis (06/07/2023) siang.

Mengingat informasi yang beredar, kasus TPPO (perdagangan orang, red) mengalami peningkatan setiap tahunnya, dengan berbagai macam modus operandi.

“Kami imbau pengunjung dan penumpang MPU Terminal Trunojoyo, untuk berhati-hati terhadap modus TPPO,” ujar Kapolres Sampang AKBP Siswantoro, melalui Kanit Bintibsos Satbinmas Aipda Liwail Amri.

Selain itu, jelas Amri, masyarakat agar tidak mudah percaya terhadap orang belum dikenal, dan tidak mudah termakan isu atau iming iming terhadap tawaran bekerja di luar negeri.

“Bagi yang ingin menjadi TKI ataupun TKW, atau bekerja di luar negeri, hendaknya di cek terlebih dahulu keabsahan perusahaan yang melakukan perekrutan,” tegas Amri.

Namun, imbuh Amri, apabila menemukan atau mengetahui perekrutan masyarakat akan bekerja di luar negeri, tidak sesuai dengan ketentuan, segera hubungi kantor polisi terdekat.

“Jika menemukan hal-hal seperti itu, masyarakat bisa melaporkan kepada kami, atau telepon ke call center Polri 110, juga bisa menghubungi Bhabinkamtibmas atau Polisi RW,” pungkasnya.