Daerah  

Efektivitas P3-TGAI Desa Kebun Sareh Dorong Produktivitas Pertanian

Caption: tampak fisik proyek P3-TGAI di Desa Kebun Sareh, Omben, Sampang, (dok. regamedianews).

Sampang,- Dalam upaya peningkatan produksi pertanian, Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) di Desa Kebun Sareh, Kecamatan Omben, Sampang, Jawa Timur, akan direalisasikan.

Pasalnya, meski baru selesai dikerjaan, proyek P3-TGAI yang dikerjakan Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Pemuda Kebun Sareh dikebut, agar manfaat program tersebut dapat dirasakan petani setempat.

Kendati demikian, proyek bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2023 itu, meliputi kegiatan rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi, bertujuan untuk meningkatkan kinerja layanan irigasi.

Moh.Hasan salah satu tokoh Desa Kebun Sareh bersyukur, dengan adanya proyek P3-TGAI. Terlebih, program tersebut atas usulan dan permintaan, serta persetujuan masyarakat (para petani) di desa setempat.

“Warga menginginkan adanya program P3-TGAI, sebagai upaya peningkatan produksi pertanian, karena dengan begitu, para petani sekitar dapat memanfaatkannya,” ungkap Hasan, Jumat (21/07/2023).

Maka dari itu, imbuh Hasan, dirinya mengamini apabila proyek tersebut, menjadi program yang dapat mengoptimalkan kesesuaian dengan kebutuhan para petani, guna menunjang produktifitas lahan pertanian.

“Kami berharap, dengan adanya proyek P3-TGAI, programnya dapat terealisasi dengan baik, guna mengaliri lahan para petani agar lebih efektif, sehingga dapat meningkatkan produktifitas hasil pertanian,” tandasnya.

Meski sempat ada keretakan dalam fisik proyeknya, tegas Hasan, nampak dengan responsif pelaksana, segera melakukan perbaikan sebelum deadline pemeliharaan. Mengingat, warga menginginkan kualitas proyek P3-TGAI tetap terjaga dan terbaik.

“Kualitas proyeknya harus terjaga, karena warga menginginkan P3-TGAI ini, dapat dirasakan manfaatnya secara berkepanjangan. Disisi lain, para petani mengapresiasi, karena proyek tersebut dipelopori oleh pemuda Desa Kebun Sareh,” pungkasnya.