Melalui Produk Unggulan Usaha Agribisnis, Dinas Pertanian Tingkatkan Kemampuan Kelompok Tani dan Kesejahteraan Petani di Sampang

Sampang, (regamedianews.com) – Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 72, Dinas Pertanian Kabupaten Sampang menggelar Kontes Produk Unggulan Usaha Agribisnis yang dilaksanakan di GOR Indoor setempat. Kegiatan ini pertama kalinya digelar dengan mengangkat tema “Tingkatkan Kemampuan Kelompok Tani dan Kesejahteraan Petani Kabupaten Sampang”, Rabu (23/08/2017).

Pantauan regamedianews.com, Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Sampang Fadhilah Budiono, Sekdakab, Forkopimda didampingi Kepala Dinas Pertanian dan beberapa perwakilan Pimpiman Oraganisasi Perangkat Daerah (OPD) Kab. Sampang.

Dalam acara kali ini, 14 Balai Pelatihan Pertanian (BPP) di masing-masing Kecamatan melalui dua kelompok tani mempersiapkan produk – produk yang paling di unggulkan, setelah itu nantinya akan mendapat penilaian tersendiri serta komentar dari Bupati Sampang.

Dalam sambutannya Bupati Sampang Fadhilah Budiono mengatakan, dengan adanya kontes ini diharapkan produk pertanian lokal dapat lebih dikenal lagi.Tentunya lebih dikenal tak hanya oleh masyarakat, namun juga pihak-pihak yang selama ini memanfaatkan produk pertanian lokal.

“Gerakan ini juga dimaksudkan sebagai salah satu upaya dalam memfasilitasi pemasaran produk pertanian lokal sebagai wujud kepedulian pemerintah kepada masyarakat. Selain itu, ajang ini juga sebagai kampanye pentingnya mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk kesehatan,” tuturnya, Rabu (23/08).

Lebih lanjut Fadhilah menyampaikan, pihaknya sangat mendukung penuh terhadap langkah yang dilakukan oleh dinas pertanian untuk memajukan produk di daerahnya. Bahkan Fadilah Budiono berharap agar produksi pertanian didaerahnya menggunakan technology canggih sehingga bisa mudah di pasarkan serta dapat menumbuhkan komitmen masyarakat Sampang untuk lebih mencintai produk lokal serta peluang besar bagi petani untuk meningkatkan produknya.

“Saya sangat mengapresiasi produk unggulan asli dari Kabupaten Sampang sendiri yang nantinya kalau bisa di produk bisa memakai tehnologi canggih, contohnya buah semangka dengan bentuk kotak, hal ini sangat menarik bagi para pembeli sehingga nantinya sangat mudah dipasarkan. Selain itu juga dapat meningkatkan produk pertanian lokal, dapat mendorong kecintaan dan kebanggaan masyarakat Sampang terhadap produk lokal,” ucapnya.

Menurutnya, sektor pertanian merupakan salah satu andalan Kabupaten Sampang. Sektor pertanian bukan hanya sebagai penghasil bahan pangan tapi juga multifungsi seperti penyedia bahan baku industri, penyerapan tenaga kerja, dan pelestarian lingkungan.

“Produk yang perkenalkan kali ini akan menjadi produk andalan Kabupaten Sampang, untuk itu sektor pertanian akan menjadi prioritas juga dalam pembangunan daerah,” paparnya.

Sementara di sela acara Kepala Dinas Pertanian Kab. Sampang, Hary Soeyanto mengatakan, kegiatan produk agribisnis unggulan digelar untuk meningkatkan kelompok tani di Sampang. Selain itu untuk menyampaikan informasi hasil pembinaan kepada kelompok tani yang nantinya juga mengajak pimpinan OPD dan para pengusaha untuk ikut mendukung serta mensukseskan produk dari kelompok tani di daerahnya.

“Acara ini tidak lain adalah sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan dan mensejahterakan para petani di daerahnya untuk memasarkan produk lokal yang nantinya akan bekerjasama dengan SKPD serta pengusaha terkait untuk ikut memasarkan produk unggulan dari Kabupaten Sampang,” ungkapnya. (har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

..