Hingga September 2017, Kematian Ibu Melahirkan di Sampang Capai 10 Orang

0
141

Sampang, (regamedianews.com) – Kematian ibu melahirkan di Kabupaten Sampang hingga September 2017 mencapai 10 orang. Dari catatan Dinas Kesehatan setempat, ada beberapa faktor hingga hal itu terjadi.


Kepala Dinas Kesehatan Sampang Firman Pria Abadi mengatakan, penyebab kematian ibu melahirkan di daerahnya ada empat faktor yakni terlambat mendapatkan fasilitas tempat melahirkan, terlambat memutuskan untuk di rujuk ke rumah sakit, tidak mendukungnya tranportasi serta penanganan yang terlambat.

“Kematian ibu melahirkan di Sampang capai 10 orang, ini di sebabkan terlambat memutuskan untuk di rujuk ke rumah sakit, tidak mendukungnya tranportasi serta penanganan yang terlambat,” tandasnya, Jum’at (22/09/2017).

Firman menambahkan, pihaknya sudah gencar melakukan sosialisasi agar pasien saat hendak melahirkan langsung di rujuk ke rumah sakit. Menurutnya saat ini biaya melahirkan untuk keluarga tidak mampu di gratiskan, asalkan ada surat keterangan tidak mampu dari Kepala Desa (Kades).

“Berbagai hal yang telah dilakukan, salah satunya melakukan sosialisasi kepada ibu hamil, agar apabila nantinya mau melahirkan mau dirujuk ke rumah sakit. Apalagi saat ini biaya rumah sakit gratis bagi keluarga tidak mampu, dengan catatan ada surat keterangan miskin dari kepala desa setempat,” ungkapnya. (har/adi)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here