Musim Hujan, Waspada Penyakit DBD

0
373
ilustrasi penderita penyakit DBD.

Sumenep, (regamedianews.com) – Saat musim hujan, dihimbau kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep, A Fatoni.

“Kami menghimbau masyarakat harus menjaga kebersihan saat musim hujan, karena untum menghindari penyakit DBD, karena banyak nyamuk bersarang digenangan air saat musim hujan seperti ini,” tutur Fatoni, Jum’at (30/11/2018).


Menurutnya, lingkungan yang perlu diperhatikan betul kebersihannya ialah di tempat umum yang memiliki potensi jadi tempat perindukan nyamuk. Salah satunya di lingkungan sekolah.

Baca juga Dinas Kesehatan Imbau Warga Sumenep Waspada Penyakit DBD

“Jika ditemukan gejala demam berdarah, tidak usah menunggu timbul bintik-bintik merah dan memesan, sebaiknya langsung diperiksakan ke Puskesmas terdekat untuk mendapat pertolongan,” ungkapnya.

Karena, lanjut Fatoni, salah satu gejala DBD yang menyerang anak-anak, biasanya anak itu badannya panas naik-turun dan kondisinya lemas.

Baca juga Penderita DBD Di Sampang Meningkat, Dinkes Imbau Warga Terapkan 3M

“Kalau ada gejala seperti itu, sebaiknya langsung dibawa ke Puskesmas agar tenaga medis di Puskesmas juga bisa segera melakukan pemeriksaan ke laboratorium. Terutama kondisi trombositnya,” jelasnya. (gus)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here