KKN Kelompok 65 UTM Tawarkan Nori Singkong Sebagai Kreasi Legendaris

0
528
KKN kelompok 65 Universitas Trunojoyo Madura (UTM), di Dusun Gunongan, Desa Gili Barat, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan.

Bangkalan, (regamedianews.com) – Daun singkong tak hanya dikenal dengan berbagai sajian makanan sebagai sayur, melainkan pemanfaatan daun singkong juga tak kalah menarik untuk ditawarkan.

Kandungan gizi pada daun singkong dipercaya berfungsi sebagai zat antioksidan, anti kanker, anti tumor, dan menambah nafsu makan.


Ternyata selain dijadikan sebagai obat, daun singkong juga dapat dijadikan sebagai keripik nori, seperti kreasi unik olahan mahasiswi KKN kelompok 65 Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Sabtu (05/01/2019) kemarin.

Baca juga Semarak Mince, KKN Kelompok 23 UTM Gelar Senam dan Kerja Bakti Bersama

Wahyu Ramadhany Dwi Shafa selaku kordes mengatakan, pelatihan KKN tersebut diadakan di Dusun Gunongan, Desa Gili Barat, Kecamatan Kamal, klompoknya menyajikan nuansa baru dan unik dengan hadirnya kreasi nori dari olahan daun singkong.

“Daun singkong yang awalnya terasa pahit disajikan menyerupai nori, namun tetap menonjolkan khas rasa daun singkongnya,” terangnya.

Wahyu menjelaskan, tujuan dari diadakannya pelatihan tersebut guna meningkatkan ekonomi para ibu-ibu Gili Barat, untuk mengolah hasil taninya yang mayoritas masyarakatnya merupakan petani.

Sementara Dini Agustin Selaku pencetus ide pembuatan nori singkong menjelaskan, sajian unik ini guna meningkatkan nilai ekonomis daun singkong, biasanya hanya digunakan sebagai sayuran, serta biasanya hanya di buat makan kambing dan sapi.

Baca juga KKN Kelompok 65 Mahasiswa UTM Sulap Daun Kangkung Menjadi Mie Sehat

“Harapannya semoga dengan adanya pelatihan ini, akan membantu masyarakat, untuk lebih meningkatkan potensi hasil pertanian terutama dalam mengolah sajian daun singkong,” pungkasnya. (sfn/fik/sbd)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here