Lurah Cigugur: Musrenbang Bukan Usulan Biasa Tapi Harus Kreatif dan Berdampak Sosial

0
521
Suasana saat berlangsungnya kegiatan Musrenbang di Kelurahan Cigugir, Kota Cimahi.

Cimahi, (regamedianews.com) – Bertempat di kantor Kelurahan Cigugur, Kota Cimahi, Senin (14/01/2019) melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) partisipatif tingkat kelurahan cigugur tengah.

Musrenbang tersebut mengusung tema ‘Peningkatan daya saing kota melalui pemerataan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat yang ditunjang dengan kemampuan infrastruktur’.


Kegiatan yang dihadiri unsur RW, Delegasi, ormas, tokoh masyarakat dan tokoh agama ini, untuk mengawal usulan pembangunan di tingkat kelurahan.

Baca juga Warga RW 10 Kelurahan Utama Cimahi, Tuntut Haknya Kepada PT Sumber Alfaria Tbk Sesuai Kesepakatan Awal

Seperti yang dipaparkan Camat Cimahi Tengah Sugeng menyampaikan, dalam sistem perencanaan pembangunan tingkat nasional pemerintah daerah dituntut merencankan pembangunan, perencanaan ini merupakan langkah awal.

“Pelaksanaan perencanaan usulan dari mulai tingkat RT, RW terus dilanjutkan ke tingkat kelurahan serta kecamatan dan Kota, ini juga merupakan salah satu misi Walikota terpilih saat ini,” tuturnya.

Menurutnya, perencanaan ini juga sebagai singkronisasi, intregritas serta pengawasan agar terlaksananya semua usulan pembangunan, masyarakat bisa terlibat langsung dalam pengawasan perencanaan pembangunan ini.

Usai kegiatan, saat ditanya Lurah Cigugur Yuyus Supriatna mengatakan, pihaknya mendapat banyak keluhan dari warga, perihal zonasi sekolah dengan adanya kegiatan ini skala prioritas keluhan warga menjadi pertimbangan besar agar bisa diwujudkan.

Baca juga Sambut Tahun Baru 2019, Kelurahan Karang Mekar Cimahi Adakan Agenda Tasyakkur Binni’mat

“Selain itu, seluruh unsur tokoh terkait pun sepakat bahwa pembangunan sekolah diwilayah Cigugur agar jadi skala prioritas,” ungkapnya.

Yuyus menghimbau, bentuk usulan itu harus berdampak sosial, benar-benar yang dibutuhkan warga dan kreatif tidak yang alakadarnya.

“Idealnya usulan itu yang kreatif hingga bisa menghasilkan nilai ekonomis tidak asal-asalan, apalagi untuk kepentingan sepihak,” tegasnya. (agil)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here