Launcing Program BPNT di Desa Daleman, Wabup Sampang Minta Tingkatkan Pelayanan

0
332
Wakil Bupati Sampang (H. Abdullah Hidayat) saat menyampaikan sambutannya dalam acara Launcing Program BPNT di Desa Daleman, Kecamatan Kedungdung.

Sampang, (regamedianews.com) – Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat membuka program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Daleman, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

Program BPNT atau sebelumnya Beras Sejahtera (Rastra) di Kabupaten Sampang paling awal disalurkan dibandingkan Kabupaten lain di Pulau Madura.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sampang Moh. Amiruddin mengatakan, bahwa pihaknya tak lagi menyalurkan bantuan pemerintah pusat ini secara manual. Dengan menggunakan kartu khusus, bantuan tersebut tersalur secara otomatis ke rekening Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Istilahnya telah berubah sejak November 2018 menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Awalnya bantuannya yakni secara gratis beras Rp 10 kilogram, sekarang sudah dalam bentuk kartu BPNT dengan isi saldo per bulan Rp 110 ribu”, ujar Moh. Amiruddin. Rabu (13/03/2019).

Lebih lanjut Moh. Amiruddin mengatakan, BPNT ini akan diterima langsung melalui rekening KPM masing-masing.

“Dan nanti setiap bulan sudah otomatis masuk ke rekening Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebesar Rp 110 ribu”, kata Amiruddin.

Selain itu, Amiruddin menuturkan, nanti dengan saldo tersebut, KPM bisa mengambil bahan beras dan telur di e-Warung yang ada.

“Jumlah KPM berdasarkan data Kemensos RI di Kabupaten Sampang sebanyak 130.080, dan untuk agen e-Warung masih 1 per desa”, pungkasnya.

Amiruddin berharap, BPNT ini sebagai upaya penyaluran bantuan pangan melalui program rastra agar tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu.

Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat mengatakan, program BPNT ini merupakan suatu trobosan pemerintah pusat yang direspon baik pemerintah daerah. Suatu bukti bahwa, Kabupaten Sampang paling siap penyalurannya dibandingkan Kabupaten lain di Madura.

“Ini program baik pemerintah pusat dan direspon baik oleh pemerintah daerah. Sehingga di Kabupaten Sampang sendiri merupakan paling awal penyaluran BPNT ini se Madura”, kata pria yang akrab di sapa H. Ab.

Orang nomor dua di Pemkab Sampang ini berharap, kepada petugas e-Warung guna pelayanannya lebih ditingkatkan lagi dan semua alat kelekapannya juga harus disiapkan.

“Program ini untuk mendorong usaha mikro dan menengah dengan adanya E-warung ini bisa mendongkrak ekonomi desa. Hakikatnya, untuk mengentskan kemiskinan”, ujarnya.

Wabup meminta kepada agen e-Warung untuk memperkuat fasiltasnya, dilengkapi bahan-bahanya dan tetap di monitoring serta evaluasi setiap bulannya.

“Perbaiki dan lengkapi fasilitasnya dan monitoring serta evaluasi setiap bulannya agar pelayanan tetap prima bagi masyarakat,” Pinta H. Abdullah Hidayat.

Terlihat Pj Kepala Desa Daleman (Moh. Heryanto) saat duduk bersama tamu undangan.

Sementara Penjabat (Pj) Kepala Desa Daleman Moh. Heriyanto mengatakan, pihaknya ucapkan terimakasih atas launcingnya e-Warung dan dengan kegiatan itu Desa-nya bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat.

“Dengan di launcingnya e-Warung di Desa Daleman ini semoga kedepannya pelayanan lebih baik dan bisa mensejahterakan masyarakat,” singkat Heryanto. (adi/har)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here