Petani di Sampang Keluhkan Harga Cabe Rawit Anjlok

0
437
Petani cabe rawit

Sampang, (regamedianews.com) – Meski masih suasana lebaran, Petani cabai di Sampang banyak mengeluh. Pasalnya harga cabai rawit di pasaran saat ini anjlok dengan harga Rp. 2 ribu hingga Rp. 3 ribu rupiah per satu kilo gram (Kg).

Misnali (50) petani asal Dusun Laok Leke, Desa Torjunan, Kecamatan Robatal, Kabupaten Sampang mengungkapkan, saat ini para petani cabai merugi lantaran harga cabai pada saat musim panin seperti ini anjlok dibawah normal dan tidak bisa balik modal.


Baca juga Nekat Jadi Pengedar Pil Koplo, Petani Ini Berujung Masuk Sel

“Harga dibawah normal seperti ini sudah lama terjadi, bahkan sebelum bulan puasa dan pasca lebaran Idul Fitri masih tetap di kisaran Rp. 2 hingga 3 ribu per 1 Kg-nya. Hingga semua petani sangat merugi dan bisa belum balik modal usaha yakni upah, pupuk serta bibitnya”, ungkap Misnali.

Lebih lanjut Misnali mengatakan, cabai miliknya biasanya panin dalam satu minggu sekali pada saat cabai tersebut terlihat matang.

Baca juga Gelar Sosialisasi Pemilu 2019, PPK Robatal Sasar Petani

“Biasa disini, kalau petani panin itu di ambil yang sudah matang ataupun yang sudah merah, karena biasanya kalau buat merah harganya juga lebih mahal”, ujarnya, Minggu (09/06/2019).

Misnali berharap kepada Pemerintah untuk memberikan solusi pada petani, agar harga petani di Madura khususnya Sampang kembali memberikan solusi harga yang baik.

“Dengan harga cabai rawit di pasaran, Pemerintah segera memberikan solusi harga terbaik, agar para petani bisa tersenyum dan konsumen juga bisa terbantu”, harapnya. (adi/har)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here