Jadikan Desa Mandiri, KKN 04 UTM Adakan Pelatihan dan Pendampingan Manajemen Keungan BUMDes

0
286
Suasana saat berlangsungnya pelatihan dan pendampingan manajemen keuangan BUMDes.

Pamekasan, (regamedianews.com) – Alokasi Dana Desa yang digulirkan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi (PDTT) tidak hanya dapat digunakan sebagai dukungan pembangunan fisik. Tetapi juga memperluas usaha produktif masyarakat perdesaan melalui program pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

BUMDes berperan penting untuk mensuplai pendapatan desa melalui beberapa kegiatan usaha ataupun mengembangkan Potensi desa yg dimilikinya, Selasa (10/07/2019) kemarin.


Untuk memberikan semangat terhadap BUMDes di Kabupaten Pamekasan, Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) di Desa Murtajih, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan mengadakan pelatihan dan pendampingan manajemen dan keuangan BUMDES.

Menurut Kordinator Desa Feri Agus menyampaikan, bahwasanya diadakannya kegiatan ini, yakni menginginkan aparatur desa untuk mengembangkan BUMDesnya secara baik dan profesionel. Mengingat keberadaan BUMDes di Pamekasan belum maksimal.

“Untuk Desa Murtajih pengelolaan BUMDes akan diarahkan untuk mengelola potensi desa melalui wisata yang akan dibangun. Kendati acara ini juga memiliki relevansi dengan program Pemkab Pamekasan yakni mengenai Desa Cerdas dan Mandiri salah satu cara yakni dengan mengelola BUMDes dengan baik dan benar”, terangnya.

Pemateri dan DPL KKN 04 Faidal berharap, BUMDes Murtajih yang sudah terbentuk dapat menjalankan unit usaha yang sudah ada seperti pertokoan, kolam ikan, agrowisata, lahan, kerapan sapi dan kambing.

“Serta bisa di identifikasi kembali melalui bisnis Model Canvas. Sehingga keberadaan unit usaha tersebut menjadi Pendapatan Asli Desa (PADes) yang dapat mensejahterakan masyarakat desa”, pungkasnya.

Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat, fasilitator yang hadir memiki kompeten dibidang pengelolaan BUMDes. Selain itu kegiatan ini juga mendapat apresiasi dari beberapa instansi yakni salah satunya Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa yang Hadir pada acara tersebut. (rkz/sbd)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here