Bupati Bangkalan Resmikan Gedung Baru Puskesmas Konang

  • Bagikan
Bupati Bangkalan (R. Abd. Latif Amin Imron) didampingi Forkopimda saat meresmikan Puskesmas Konang.

Bangkalan || Rega Media News

Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron meresmikan gedung baru Puskesmas Konang, Bangkalan, Madura, Jumat (19/03/21) pagi. Peresmian gedung pelayanan baru di wilayah Konang itu disaksikan tokoh masyarakat dan Forkopimda setempat.

Gedung baru pelayanan kesehatan Masyarakat Konang itu melengkapi capaian Bupati Bangkalan, dalam kurun waktu dua tahun terakhir berhasil membangun 6 gedung baru Puskesmas.

Selama tahun 2019, Bupati Bangkalan mendapat kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik Afirmasi dari Kementerian Kesehatan. Empat Gedung baru Puskesmas yang berhasil dibangun dengan megah, antara lain Puskesmas Tragah, Galis, Tongguh dan Puskesmas Arosbaya.

Sementara pada tahun 2020, Bupati Bangkalan dalam memaksimalkan fasilitas dan sarana prasarana pelayanan terhadap masyarakat Bangkalan kembali mendapat kucuran DAK fisik Afirmasi dari Kementerian Kesehatan.

Sasaran DAK Afirmasi tahun 2020 itu melalui Dinas Kesehatan, hanya melakukan pembangunan dua gedung baru Puskesmas, yaitu gedung baru Puskesmas Modung dan terakhir Gedung baru Puskesmas Konang.

“Peresmian Puskesmas Konang yang baru selesai dibangun adalah terakhir yang menggunakan anggaran DAK fisik Afirmasi dari Kementerian Kesehatan. Sebelumnya, kita meresmikan gedung baru Puskesmas Modung, kebetulan untuk tahun anggaran 2020 ini hanya mendapat dua,” kata Ra Latif.

Ra Latif berharap, pelayanan di Puskesmas Konang dengan bersamaan peresmian gedung baru itu, pelayanannya bisa ditingkatkan dengan kinerja yang lebih profesional. Terutama, menurut Ra Latif, dibidang dokter dan tenaga kesehatan lainnya.

“Sebab, fasilitas dan sarana prasarana sudah dilengkapi. Sehingga, masyarakat yang berobat ke Puskesmas Konang merasa puas dan cepat sembuh. Dengan harapan juga Puskesmas ini bisa menjadi tempat konsultasi tentang kesehatan, gizi, check up dan lainnya,” ujarnya.

Ia juga berharap, kedepan gedung baru pelayanan kesehatan di 22 Puskesmas bisa merata. Sehingga, ia dapat memastikan dapat memberikan pelayanan yang nyaman terhadap masyarakat Bangkalan.

“Untuk pembangunan gedung puskesmas lainnya akan diusahakan untuk diusulkan. Mengingat, saat ini masih ditengah tengah pandemi maka pelayanan kesehatan ini kita membutuhkan. Makanya, kita selalu berkoordinasi dengan pemerintah pusat karena adanya puskesmas Konang ini untuk membantu kesehatan di wilayah puskesmas setempat,” jelasnya.

Bupati Bangkalan juga menjelaskan, dasar utama pembangunan gedung baru di sejumlah Puskesmas itu tiada lain selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dibidang kesehatan. Sementara perihal penyuply PAD secara perlahan akan mengikuti.

“Untuk PAD pasti akan bertambah, karena dengan adanya gedung baru ini sudah dilengkapi dengan fasilitas lengkap yang bisa menunjang pelayanan menjadi lebih memadai,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bangkalan, H. Sudiyo menyampaikan, anggaran pembangunan Gedung baru Puskesmas Konang itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi Kementerian kesehatan.

“Gedung ini di renovasi total dan tempatnya juga baru dibangun di lahan seluas 2500 – 53 meter persegi, dengan luas bangunan 1035 meter,” ujar Sudiyo.

Pria yang akrab disapa Yoyok itu juga mengatakan, pagu anggaran yang disediakan adalah 7,35 miliar akan tetapi hasil penawarannya adalah 7, 2 miliar.

“Gedung baru Puskesmas ini di bangun dengan kelengkapan sarana prasarana seperti Jet Set 60 ribu watt, ketika listrik mati bisa secara otomatis hidup sendiri. Selain itu, gedung ini juga dilengkapi dengan sarana prasaran inpal dan dua unit mobil ambulance. Kemudian itu masih ada sarana prasarana yang melekat didalamnya. Seperti USG, ISG dan ada tempat tidur. Jadi, puskesmas ini sudah lengkap dengan perangkatnya,” ungkapnya.

  • Bagikan
Klik disini??
Ada Informasi??
Selamat Datang Di regamedianews.com
Silhkan Sampaikan Informasi Anda !!!!