Daerah  

Perebutan Kursi Rektor UTM, Empat Bakal Calon Lolos Seleksi Administrasi

Caption: pamflet empat bakal calon rektor UTM dinyatakan lolos seleksi administrasi, (Doc: Syamsul Arifin/RMN).

Bangkalan || Rega Media News

Tahapan pemilihan rektor baru Universitas Trunojoyo Madura (UTM), periode 2022-2026 mulai memasuki tahapan penjaringan bakal calon rektor. Hal itu setelah melalui proses pendaftaran peserta Pemilihan Rektor (Pilrek) yang dibuka pada tanggal 20 Juli hingga 15 Agustus 2022 kemarin.

Selama kesempatan pendaftaran dibuka, terdapat lima peserta kandidat melamar sebagai kontestasi peserta pilrek. Dari lima kandidat tersebut, satu peserta dianggap tidak memenuhi syarat, sehingga secara otomatis hanya sisa empat kandidat yang memenuhi syarat. Mereka siap bertarung merebutkan kursi rektor UTM.

Sebagaimana surat pengumuman bakal calon rektor UTM periode 2022-2026 tertuang dalam berita acara Senat nomor: 26/UN.46.SU/TP.01.03/2022 tentang penetapan bakal calon rektor Universitas Trunojoyo Madura.

Menetapkan empat nama-nama bakal calon rektor UTM periode 2022-2026 yang telah memenuhi persyaratan, yakni Dr. Mahkfud Efendy dari Fakultas Pertanian, Prof. Mohammad Nizarul Alim dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prof. Nunuk Nuswardani dari Fakultas Hukum, dan Dr. Safi’ dari Fakultas Hukum.

“Setelah pendaftaran tutup pada tanggal 15 Agustus 2022 kemarin, maka tanggal 16 Agustus panitia di undang pada rapat senat, untuk menyampaikan hasil pendaftaran pemilihan rektor tersebut. Kita menyerahkan hasilnya setelah itu senat melakukan rapat tertutup, untuk menilai seleksi administrasi,” kata Sekretaris Pemilihan Rektor, Helmy Boemiya, Rabu (17/08/2022).

Menurutnya, pihak Senat berdasarkan rapat tertutup memutuskan bakal calon yang dianggap memenuhi syarat administrasi.

“Hari ini surat pemberitahuan dari senat sudah di umumkan bahwa telah menetapkan empat calon Rektor tersebut yakni Dr. Makhfud Efendy, Prof. Dr. Muhammad Nizarul Alim, Prof. Dr. Nunuk Nuswardani dan terakhir Dr. Safi’,” Kata Sekretaris Pemilihan Rektor UTM, Helmy Boemiya,” tuturnya.

Pria yang akrab disapa Pak Boy ini mengatakan, proses selanjutnya adalah mengumumkan hasil penetapan calon dari senat.

“Kemudian memasuki tahapan penjaringan, pada tahapan penjaringan ini para bakal calon akan menyampaikan visi-misi dan program kerja dihadapan civitas akademika, dalam rapat terbuka senat. Rapat terbuka Senat akan dilaksanakan pada tanggal 27 September 2022 mendatang,” terangnya.

Setelah tahapan penjaringan selesai selanjutnya pada tanggal 4 Oktober 2022 senat kembali akan menggelar rapat tertutup, untuk menentukan 3 nama calon rektor. Dalam rapat tertutup ini, Senat memilih dari empat kandidat hanya tiga calon rektor yang akan disampaikan kepada kementerian untuk ditelusuri rekam jejaknya.

Menurut Helmy Boemiya, tahapan itu telah di atur dalam peraturan Senat nomor 2 tahun 2022 tentang Tata Cara Pengangkatan Rektor UTM Periode 2022-2026. Dia menyebut, waktu penentuan 3 nama calon rektor dijadwalkan sehari pada tanggal 4 Oktober tersebut.

“Setelah proses tahapan itu selesai, maka tanggal 15 November 2022 telah diagendakan pemilihan rektor bersama senat dan menteri,” pungkasnya.