Daerah  

Sering Dilanda Banjir, Warga Margantoko Sampang Swadaya Bangun Tanggul

Caption: gotong royong warga Desa Margantoko saat membuat tanggul penahan banjir, (Doc: Muadi/RMN).

Sampang || Rega Media News

Disaat memasuki musim penghujan, akan menjadi bencana rutin bagi sejumlah warga Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, terlebih rumah warga yang kerap menjadi langganan banjir saat intensitas hujan tinggi.

Salah satunya seperti di Desa Margantoko, Kecamatan Jrengik. Untuk mengatasi banjir tersebut, warga setempat secara swadaya membangun tanggul penahan banjir di Dusun Manis dan Dusun Gandi Desa setempat.

“Tujuan pembangunan tanggul itu untuk mengatasi banjir ke rumah-rumah warga di Dusun Manis dan Gandi,” ujar Faisol salah satu tokoh masyarakat desa setempat, Sabtu (08/10/2022).

Karena pada saat musim hujan tiba, rumah warga di dusun tersebut paling parah dilanda banjir. Di Kecamatan Jrengik, ada tiga desa yang sering terdampak banjir. Yakni, Desa Penyepen, Majengan dan paling parah di Margantoko.

“Jadi secara swadaya warga bahu membahu membangun tanggul menggunakan cangkul sepanjang 200 meter dan setinggi 2 meter. Selain untuk mengatasi banjir, tujuannya untuk mengurangi abrasi di tepian sungai dan sawah warga,” ungkap Faisol.

Pria yang kini purna tugas dari jabatan Kepala Desa Margantoko tersebut mengatakan, pembangunan tanggul itu juga diharapkan bisa membendung luapan air sungai untuk menggenangi pemukiman warga.

“Meski seadanya, bagi warga ini merupakan langkah paling cepat, dibalik ancaman banjir sungai yang masih mengancam saat musim hujan,” pungkasnya.