Sektor Pertanian Jadi Sasaran Lomba Vlog Pelajar Omben

  • Bagikan
Caption: juara favorit lomba vlog tingkat pelajar, pose bersama Forkopimcam Omben, (dok. red regamedianews).

Sampang,- Dari sejumlah potensi desa yang ada ada di Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, sektor pertanian lebih diminati pelajar saat mengikuti lomba vlog bertema “Potensi Desa”.

Hal itu terlihat, dari beberapa konten vlog berisi tentang potensi dari sektor pertanian, saat pengumuman juara lomba vlog di Pendopo Jokotole, kantor Kecamatan Omben, Kamis (21/12/2022) siang.

Lomba yang digagas Jurnalis Omben Kompak Bersatu (Joker) berkolaborasi dengan pemerintah kecamatan dan asosiasi kepala desa (AKD) setempat, dalam memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Sampang ke 399, dengan menyajikan kreatifitas vlog pelajar ke youtube Joker Channel.

“Dalam penayangan vlog peserta SMP dan SMA, tidak hanya fokus pada potensi sektor pertaniannya, melainkan juga ada dari sisi sektor wisata alam,” ujar konten kreator Joker Channel, Ramli Muhammad.

Namun, kata Ramli, peserta lebih banyak ngevlog potensi tentang sektor pertanian. Karena dari sekian potensi desa, sektor pertanian menjadi salah satu andalan kebutuhan ekonomi warga Kecamatan Omben.

“Maka dari itu, peserta lebih memilih ngevlog tentang pertanian. Akan tetapi, lebih kreatif lagi jika para peserta fokus ngevlog dari sektor ekonomi, semisal perdagangan dan kerajinan,” pungkasnya.

Dari hasil perlombaan vlog tersebut, ada sejumlah peserta perwakilan SMP di Kecamatan Omben yang meraih juara favorit dan juara utama, yakni Yuni Camelia dari SMPN 1 dan Moh Bilaluddin perwakilan SMPN 4 Omben.

“Mereka ngevlog tentang sektor pertanian yang ada di Desa Gersempal dan sektor perekonomian dari sisi kerajinan di Desa Madulang, dengan cara membuat kocok (anyaman bambu),” terangnya.

Ditempat yang sama, Agus juri perwakilan dari Pemerintah Kecamatan Omben menambahkan, penilaian utama dari lomba vlog adalah mulai dari nama potensi, penyampaian, proses dan manfaat dari potensi itu sendiri.

“Selain itu, penilaian kedua dari banyaknya jumlah tontonan, like dan komentar terhadap vlog yang ditampilkan peserta dari masing-masing sekolah SMP maupun SMA,” pungkas Agus

Menurutnya, semangat peserta dalam ajang lomba vlog yang di prakarsai rekan-rekan Jurnalis Omben patut diapresiasi, terutama tentang kreatif dan inovasinya.

“Karena, sejak dulu di Kecamatan Omben tidak pernah ada lomba vlog seperti ini, apalagi tujuannya untuk memancing minat pelajar dalam mengenal potensi-potensi desa,” kata Agus.

Maka dari itu, ia berharap rekan-rekan Jurnalis Omben tetap solid dan berkolaborasi kembali dengan Pemerintah Kecamatan dan AKD di Omben, dengan cara mengadakan lomba vlog tingkat umum.

“Tentu pesertanya dari kalangan masyarakat umum. Di era digital kita harus maju dan berkembang, salah satunya mengenalkan potensi desa melalui vlog, mulai dari pertanian, wisata dan perekonomian,” imbuhnya.

  • Bagikan
Klik disini??
Ada Informasi??
Selamat Datang Di regamedianews.com
Silhkan Sampaikan Informasi Anda !!!!