Mahasiswa MBKM KKN Tematik PIF UTM Pelatihan Pembuatan Website Desa

  • Bagikan
Caption: pose bersama usai gelar pelatihan pembuatan website desa, (dok. KKN Tematik PIF UTM).

Bangkalan,- Salah satu program kerja utama yang dilakukan oleh tim Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Pendidikan Informatika Universitas Trunojoyo Madura di Desa Telaga Biru, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur yaitu pembuatan website desa.

Website adalah kumpulan halaman yang memuat tentang berbagai informasi, agar dapat dibaca dan dilihat oleh pengguna internet melalui sebuah mesin pencari.

Proker ini dilakukan karena tim KKN-T PIF UTM melihat permasalahan yang sering terjadi ketika desa diundang kedalam forum untuk menjelaskan mengenai profil desa. Dengan adanya era globalisasi membuat kemajuan teknologi berkembang dengan pesat.

Tentunya kebutuhan informasi untuk masyarakat juga semakin besar. Belum adanya sarana website desa Telaga Biru, tim KKN-T PIF UTM berinisiatif untuk membuat website desa. Website ini penting dimiliki oleh setiap desa, sehingga masyarakat pun bisa dengan mudah mengakses informasi yang ada di desa Telaga biru.

Dengan adanya website segala informasi dan perkembangan desa dari tahun ke tahun, dapat dipublikasikan sebagai salah satu upaya dalam memperkenalkan desa Telaga Biru kepada pihak luar, karena website adalah salah satu media yang paling sering untuk diakses dan digunakan dalam mencari berbagai informasi dan sebagai sarana komunikasi.Sosialisasi website Desa Telaga Biru dengan alamat https://telagabiru.org/ di laksanakan di Balai Desa Telaga Biru, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan pada hari Jumat, 9 Desember 2022.

Pada kegiatan ini mahasiswa KKN-T Pendidikan Informatika Universitas Trunojoyo Madura mengenalkan dan menjelaskan tampilan-tampilan yang ada di laman website telagabiru.org.

Sosialisasi berjalan cukup interaktif antara mahasiswa dengan peserta sosialisasi yang hadir, dalam mendiskusikan terkait pengelolaan website desa kedepannya. Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan banyak sekali saran maupun kritik agar website desa tersebut bisa berkembang sesuai kebutuhan Desa Telaga Biru.


Di dalam website memuat berbagai hal yang berkaitan dengan Desa Telaga Biru, yaitu informasi desa baik dalam sejarah, data monografi, potensi desa, berita, kontak dan informasi yang meliputi sembilan dusun di Desa Telaga Biru yang masing-masing memiliki keunikannya tersendiri. Rencananya, usai TIM KKN-T PIF UTM menggelarkan kegiatan KKN, website akan dioperasikan oleh tim operator desa.

Kegiatan pembuatan website desa ini mendapat respon positif dan dukungan dari kepala desa beserta perangkatnya. “Saya dari dulu memang sudah berencana membuat desa ini agar menjadi desa digital, tetapi masih belum terlaksana sampai sekarang. Alhamdulillah tim KKN-T Pendidikan Informatika ini membantu membuatkan website,” ujar bendahara desa Telaga Biru.

Selain itu website yang telah dibuat bisa menyumbang tulisan yang dapat dimasukkan ke dalam website desa tersebut. Pembuatan website desa ini juga bisa digunakan untuk memasukkan menu yang ada pada usaha & wisata yang terdapat di desa Telaga Biru. Sehingga masyarakat dapat mempromosikan produk-produk batik khas Tanjung Bumi & Wisata lokal agar dapat dikenal oleh banyak orang.

Melalui kegiatan KKN Tematik oleh Mahasiswa/Mahasiswi Pendidikan Informatika UTM yang serta turut merintis Website Desa Telaga Biru diharapkan dapat mendorong Pemerintahan Desa untuk meningkatkan khususnya pelayanan di dunia digital. Keberadaan website desa yang informatif serta mempermudah layanan publik diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan pemerintah desa terhadap masyarakat desa Telaga Biru.

  • Bagikan
Klik disini??
Ada Informasi??
Selamat Datang Di regamedianews.com
Silhkan Sampaikan Informasi Anda !!!!