Daerah  

Tradisi Pedang Pora Sambut Kapolres Sampang AKBP Siswantoro

Caption: Kapolres Sampang yang baru AKBP Siswantoro disambut tradisi pedang pora, (dok. regamedianews).

Sampang,- Kedatangan Kapolres Sampang yang baru AKBP Siswantoro disambut meriah, dengan tradisi pedang pora yang dilakukan sejumlah perwira Polres setempat, Sabtu (21/01/2023) pagi.

Sebelum pelaksanaan tradisi pedang pora, AKBP Siswantoro beserta istri tiba di Mapolres Sampang, disambut Wakapolres Kompol Jalaludin dan sejumlah Pejabat Utama (PJU) Polres Sampang.

Penyambutannya tersebut, guna melaporkan kepada Kapolres Sampang yang baru, terkait situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) 1×24 jam di wilayah hukum Polres Sampang dan Polsek jajaran.

Pasca penyambutan dan pelepasan Kapolres Sampang yang lama, Kasi Humas Ipda Sujianto mengatakan, prosesi pedang pora adalah tradisi yang dilakukan saat penyambutan Kapolres Sampang yang baru.

“Tadi pagi, kami telah menyambut kedatangan Kapolres Sampang yang baru AKBP Siswantoro, beserta Ketua Bhayangkari Ny Endah Siswantoro, dengan prosesi pedang pora,” ujarnya.

Selain pedang pora, imbuh Sujianto, Kapolres Sampang baru AKBP Siswantoro dan Kapolres Sampang lama AKBP Arman memimpin apel kesatuan yang diikuti seluruh PJU, Kapolsek jajaran, perwira, bintara dan ASN Polres Sampang guna mendengarkan arahan pimpinan.

“Sebelum pergi meninggalkan Mapolres Sampang, AKBP Arman mendapatkan promosi jabatan Wadir Reskrimsus Polda Jatim, memaparkan kondisi wilayah hukum Polres Sampang dalam acara laporan satuan,” tutur Sujianto.

Sebagai acara terakhir tradisi, Kapolres Sampang AKBP Siswantoro melepas AKBP Arman yang akan menjabat Wadir Reskrimsus Polda Jatim dengan melewati gerbang pora, serta dilanjutkan pemberian ucapan selamat jalan di pintu keluar Mapolres Sampang.