Daerah  

Ramadhan, Pedagang dan Pengunjung Pasar Sampang Diimbau Waspada Kejahatan

Caption: anggota Satbinmas Polres Sampang saat menyampaikan imbauannya, (dok. regamedianews).

Sampang,- Dipertengahan bulan suci ramadhan, imbauan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) terus ditingkatkan Polres Sampang, jajaran Polda Jawa Timur.

Salah satunya, imbauan Kamtibmas tersebut disampaikan di tempat umum, seperti di Pasar Srimangunan, oleh Satbinmas Polres setempat, Sabtu (08/04/2023) pagi.

Pantauan di lokasi, meski terbilang separuh perjalanan menunaikan ibadah puasa ramadhan, masyarakat tampak sudah mulai memadati pusat perbelanjaan (pasar).

Diantaranya, ada yang berbelanja persiapan untuk berbuka puasa, ada juga pengunjung pasar berbelanja kebutuhan, serta keperluan menyambut hari raya idul fitri (lebaran).

Kapolres Sampang AKBP Siswantoro, melalui Kanit Bintibsos Satbinmas Aipda Liwail Amri mengatakan, selain menyampaikan imbauan di tempat ibadah, pihaknya juga menyampaikan di pusat keramaian (pasar).

“Kami menghimbau kepada pengunjung maupun pedagang Pasar Srimangunan, agar berhati-hati saat beraktifitas, supaya tidak menjadi korban tindak pidana,” imbau Amri.

Diantaranya, saat memarkir kendaraannya, supaya diparkir ditempat yang telah disediakan, mengunakan kunci ganda tambahan, untuk menghindari pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

“Tidak hanya itu, kami juga menghimbau agar berhati-hati pada saat melakukan transaksi jual beli. Perlu adanya antisipasi, terhadap adanya peredaran uang palsu,” terang Amri.

Namun, kata Amri, agar supaya terhindar dari uang palsu, masyarakat dapat mengantisipasinya dengan cara menerapkan 3D (Dilihat, Diraba, Diterawang).

Amri menegaskan, apabila terjadi tindak pidana kejahatan, segera laporkan kepada pihak kepolisian terdekat, atau bisa telepon ke Call Center Polri 110.

“Atau bisa juga, pengunjung maupun pedagang pasar langsung melaporkan kepada petugas keamanan (scurity) Pasar Srimangunan,” pungkasnya.

Amri berharap, dengan hadirnya Polri ditengah-tengah masyarakat yang sedang beraktifitas, dapat membuat merasa aman dan nyaman, serta menciptakan rasa cinta terhadap Polri.