Daerah  

Berbaur Dengan Masyarakat Peduli Lingkungan

Caption: anggota Koramil 0828/01 dan Polsekta Sampang, saat membersihkan semak belukar di sepanjang Jl.Raya Makboel, Polagan, sekitar jalan lingkar selatan, (dok. regamedianews).

Sampang,- Sinergitas Kepolisian Sektor Kota (Polsekta) bersama Komando Rayon Militer (Koramil) 0828/01 Sampang, Jawa Timur, tidak hanya fokus terhadap Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), melain juga peduli terhadap kebersihan lingkungan.

Diantaranya, melakukan kegiatan kerja bhakti berbaur dengan masyarakat, untuk bersih-bersih semak belukar dipinggiran bahu jalan raya yang mengganggu pandangan pengendara, seperti di sepanjang Jl.Raya Makboel, Kelurahan Polagan, Sampang.

Dalam kegiatan bersih-bersihnya, korps baju loreng dan cokelat tersebut tidak hanya bersama warga sekitar, melainkan ada dari petugas atau staf kelurahan, membersihkan semak belukar di sekitar akses keluar masuk kendaraan, atau simpang tiga Jalan Lingkar Selatan (JLS).

Selain bersih-bersih, anggota Polsekta Sampang dan Koramil 0828/01 Sampang itu, sembari memberikan imbauan kepada warga, untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, serta memberikan rambu-rambu terhadap pengendara, agar tetap berhati-hati saat berkendara.

Danramil 0828/01 Sampang Kapten Inf M.Suni mengatakan, dalam kegiatan kerja bakti bersih-bersih lingkungan tersebut, bersinergi dengan personel Polsekta jajaran Polres dan bersama warga. Hal itu, sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sekitar.

“Sasaran utama dalam kegiatan kerja bakti itu, membersihkan semak belukar dan tumbuh-tumbuhan yang merembet ke bahu jalan, di sepanjang jalan raya menuju simpang tiga Jalan Lingkar Selatan,” ujar perwira TNI berpangkat tiga balok dipundaknya, Minggu (11/06/2023).

Selain peduli lingkungan, ungkap M.Suni, kegiatan bersih-bersih untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas (laka lantas), akibat semak belukar yang merembet ke jalan raya, sehingga mengganggu pandangan pengendara saat melintas, terlebih jalam dimaksud wilayah rawan laka lantas.

“Mereka, para personel TNI Polri bersama warga bahu membahu membersihkan semak belukar, agar terlihat lebih rapi dan terang. Mereka, juga memberikan imbauan kepada pengendara yang melintas, dan pemilik warung sekitar, ketika ada sopir kendaraan besar, supaya di parkir dengan rapi dan tidak menganggu pengguna jalan lainnya,” pungkas M.Suni.

Sementara itu, sebelumnya, Kapolsekta Sampang AKP Tomo mengatakan, sinergitas TNI Polri bersama warga saat kerja bhakti tersebut, sebagai bentuk dorongan terhadap masyarakat, untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

“Maka dengan lingkungan yang bersih, akan tercipta rasa nyaman dan aman bagi masyarakat di lingkungan sekitar, ataupun pengendara yang melintas di sepanjang jalan, serta dihindari hal-hal tidak diinginkan, salah satunya kecelakaan lalu lintas,” ucap Tomo.

Perwira polisi berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) ini menambahkan, selain menciptakan rasa nyaman, kegiatan kerja bhakti tersebut bertujuan, untuk meningkatkan solidaritas diantara personel TNI Polri, dalam menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan.

“Kegiatan ini juga bertujuan, untuk memupuk kesadaran anggota akan pentingnya memelihara kebersihan, serta menjadi contoh bagi masyarakat, baik menjaga kebersihan diri sendiri, maupun kebersihan lingkungan dan dapat bermanfaat bagi orang lain,” pungkasnya.