Daerah  

Buntut Al-Zaytun, Kemenag Sampang Didemo FUIB

Caption: Forum Umat Islam Bersatu saat demo kantor Kemenag Sampang, (dok. regamedianews).

Sampang,- Forum Umat Islam (FUI) Bersatu Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, demo kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat, Senin (26/06/2023).

Aksi demo ratusan massa FUI Bersatu ke Kemenag tersebut, untuk menuntut Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun pimpinan Panji Gumilang, ditutup permanen.

Pesantren yang terletak di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, sebelumnya viral di media sosial, dan menjadi sorotan publik, dengan berbagai kontroversi.

Pondok pesantren pimpinan Panji Gumilang tersebut, diduga telah mengajarkan pendidikan ajaran sesat kepada para santrinya.

Ketua FUI Sampang KH.Yahya Hamiduddin menegaskan, aksi demo ke Kemenag, menuntut agar Ponpes Al-Zaytun ditutup permanen dan mencabut izin pesantrennya.

“Kami lakukan tuntutan ini ke Kemenag Sampang, agar disampaikan ke Kemenag pusat. Tutup Ponpes Al-Zaytun secara permanen, namun kami serahkan itu semua secara hukum,” ujar kiai Yahya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Sampang Abdul Wafi mengatakan, dengan tegas akan menyampaikan tuntutan Forum Umat Islam ke Kemenag pusat.

“Penyampaian aspirasi dan tuntutan beliau para ulama dan kiai kepada kami, suatu bentuk kepeduliannya terhadap Kemenag Sampang,” ucap Wafi kepada awak media.

Wafi menambahkan, pihaknya akan memperjuangkan, baik secara administrasi maupun demokrasi. Namun, berharap yang diamanatkan bisa maksimal.

“Mohon doanya, apa yang telah menjadi tuntutan para ulama dan kiai di Kabupaten Sampang, terhadap Kemenag pusat, bisa tersampaikan secara maksimal,” pungkasnya.