Daerah  

Betonisasi Jadi Sasaran Utama TMMD Sampang

Caption: Danrem 084/Bhaskara Jaya bersama Forkopimda Sampang meninjau jalan yang akan di betonisasi, (dok. regamedianews).

Sampang,- Keinginan warga Desa Pasarenan, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, untuk menikmati mulusnya akses jalan utama akan terwujud.

Hal itu terlihat, setelah Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, bersama Forkopimda Sampang, melakukan peninjauan jalan poros desa setempat.

Dalam peninjauannya, jenderal bintang satu tersebut, berpesan diantaranya agar mengutamakan pembangunan fisik berupa betonisasi jalan, namun harus ada kekompakan dengan masyarakat.

“Guna mematangkan persiapan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ini, dengan meninjau pembangunan jalan rabat beton,” ujar Terry, Rabu (12/07/2023).

Kendati demikian, ia berharap, nantinya kolaborasi antara TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan masyarakat harus maksimal, hingga kemanfaatannya benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

“Kegiatan ini bertujuan, untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dan masyarakat, karena dalam program TMMD perlu peran komponen bangsa, baik unsur pemerintah, instansi dan warga,” tandasnya.

Disisi lain Dandim 0828 Sampang Letkol Czi Suprobo Harjo Subroto menambahkan, program TMMD ini bukan hanya sasaran fisik, tapi juga menyasar program non fisik.

“Antara lain penyuluhan bela negara, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan narkoba, penyuluhan stunting, penyuluhan posbindu, dan pelayanan KB kesehatan,” jelasnya.

Menurut Suprobo, program TMMD sangat dibutuhkan, dalam mempercepat proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah.

“Khususnya untuk wilayah pedesaan, daerah tertinggal, terpencil, maupun terisolir,” pungkas orang nomor satu di Makodim 0828 Sampang tersebut.