Daerah  

Sosialisasi Stunting, Satgas TMMD Kolaborasi Dengan Dinkes Sampang

Caption: saat berlangsungnya sosialisasi pencegahan stunting di Posko TMMD ke-117 di Desa Pasarenan, Sampang, (dok. regamedianews).

Sampang,- Program Non Fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD ) ke-117, Kodim 0828 Sampang menggelar Sosialisasi Kesehatan Stunting dan Keluarga Berencana berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

Selain itu, Satgas TMMD tersebut juga bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kedungdung.

Kegiatan sosialisasi dihadiri 100 orang Kader Kesehatan, Kader PKK  yang diselenggarakan di Aula Posko TMMD Ke 117, Desa Pasarenan, Kabupaten Sampang, Selasa (18/07/2023).

Turut hadir langsung sebagai penyuluh kesehatan, Siti Hajar Dewantari koordinator promkes dan PM Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan setempat.

Kordinator TMMD ke-117 Kodim 0828 Sampang Kapten Inf Darminto mengatakan, program TMMD terdapat 3 sasaran diantaranya sasaran fisik yaitu jalan rabat beton, pembangunan ruang guru dan 10 rutilahu.

“Untuk sasaran non fisik, diantaranya penyuluhan kesehatan, wawasan kebangsaan dan bela negara, pemberdayaan masyarakat dan lain lain,” ujat Darminto kepada awak media.

Ia mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan hari ini yaitu program sasaran non fisik, berupa penyuluhan Sosialisasi Kesehatan Stunting dan Keluarga Berencana, bekerjasama dengan Dinas terkait dan Pemerintah Kecamatan Kedungdung.

“Tujuan sosialisasi kesehatan stunting ini, untuk mencegah anak dari kekurangan gizi buruk, sehingga tumbuh kembang anak lebih terjamin, agar kesehatan masyarakat lebih terjaga, sertamencegah kehamilan yang tidak diinginkan, sehingga keharmonisan dan kesehatan keluarga dapat ditingkatkan,” pungkas Darminto.

Sementara itu, Moh.Yasin Kepala Desa Pasarenan mengatakan, sangat berterima kasih kepada Kodim 0828 Sampang dan instansi terkait, karena telah menyelenggarakan sosialisasi kesehatan kepada warga Desa Pasarenan, dalam rangka kegiatan non fisik TMMD ke-117.

“Harapannya dengan adanya sosialisasi kesehatan terhadap warga Desa Pasarenan, semakin paham kesehatan dan tau bagaimana cara mencegah stunting, terutama kepada keluarganya,” ungkap Moh.Yasin.