Daerah  

Sosialisasi UMKM Ditengah TMMD Sampang, Anjurkan Buka Usaha Kreatif

Caption: saat berlangsungnya sosialisasi UMKM di posko TMMD ke-117 Desa Pasarenan, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang, (dok. regamedianews).

Sampang,- Ditengah berlangsungnya program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117, Satgas Kodim 082 Sampang bersama Dinas Koperasi, mengajak warga untuk memulai menggeluti usaha kreatif.

Hal ini disampaikan Slamet Riyanto staf dari Dinas Koperasi Kabupaten Sampang, pada kegiatan non fisik TMMD, saat sosialisasi UMKM kepada warga di Posko TMMD, di Desa Pasarenan, Kecamatan Kedungdung, Senin (24/07/2023).

Menurut Slamet, kegiatan sosialisasi tersebut, sabagai upaya menumbuhkan minat masyarakat, untuk membuka usaha dan mengembangkan produk UMKM yang ada di Desa Pasarenan.

“Di wilayah Desa Pasarenan, memiliki potensi besar dalam bidang UMKM. Saya lihat banyak sekali hasil bumi disini, seperti usaha dagang,” ujar Slamet, dihadapan warga yang hadir dalam sosialisasi.

Menurutnya, dengan UMKM, hal itu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk menambah perekonomiannya.

“Apabila ada warga Desa Pasarenan ingin mengikuti pelatihan di Dinas Koperasi segera hubungi kami, dan kalau punya lahan yang ingin di jadikan modal, Dinas Koperasi insha Allah bisa membantu untuk mencairkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Pasiter Kodim 0828 Sampang Kapten Inf Darminto mengatakan, UMKM tersebut memiliki tantangan sendiri, terkait pemasaran dan pengembangan produk.

“Tentu ini memiliki tantangan yang harus dihadapi yakni terkait pengembangan produk, akses permodalan, dan sumberdaya manusia, yang penting ada niat ingin usaha, pasti ada jalan. UMKM ini dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat,” jelasnya.