Daerah  

Berbaur, Polres Sampang Ajak Warga Omben Tingkatkan Harkamtibmas

Caption: anggota Polres Sampang dan Polsek Omben saat melaksanakan kegiatan pengecekan dan pengawasan kesiapan Poskamling di Desa Sogian, (dok. regamedianews).

Sampang, Tidak hanya di siang hari, saat malam haripun Polres Sampang jajaran Polda Jawa Timur ini, aktif berbaur dengan masyarakat yang ada di desa, sembari melakukan pengawasan kesiapan Poskamling.

Hal tersebut dilakukan, dengan maksud dan tujuan untuk meningkatkan koordinasi dan kolaborasi, antara Polri dan masyarakat, dalam rangka pememeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas).

Seperti dilakukan Kasubagdalpers Bag SDM Iptu Sugeng dan KBO Satreskoba Polres Sampang Iptu Dwi Abdillah, bersama Kanit Reskrim dan sejumlah anggota Bhabinkamtibmas Polsek Omben, di Desa Astapah dan Sogian, Selasa (25/07/2023) malam.

Pantauan regamedianews.com, selain melakukan pengecekan dan pengawasan kesiapan Poskamling, tampak perwira Polres Sampang tersebut, juga serap aspirasi masyarakat, melalui tokoh, PJ Kepala Desa, Sekdes dan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) setempat.

“Atas perintah pimpinan, kehadiran kami ditengah-tengah masyarakat malam ini, untuk mengecek kesiapan dan pengawasan Satkamling yang ada di tingkat desa,” ujar Kapolres Sampang AKBP Siswantoro, melalui Kasubagdalpers Bag SDM Polres Sampang, Iptu Sugeng.

Kendati demikian, ungkap Sugeng, pihaknya mengajak masyarakat untuk bersinergi dengan Polres serta Polsek jajaran, dalam menjaga dan meningkatkan Harkamtibmas di tingkat desa, terlebih pada tahun 2024 mendatang sudah memasuki tahun politik.

“Oleh karena itu, saat masa-masa tahun politik, jangan sampai terpecah belah, harus menjaga persatuan. Terutama dari sisi keamanan ditingkat desa, salah satunya dengan cara mengaktifkan Poskamling, sehingga dapat mencegah terjadinya perbuatan kriminal,” tandasnya.

Hal senada dikatakan KBO Satreskoba Polres Sampang, Iptu Dwi Abdillah. Menurutnya, dalam meningkatkan Harkamtibmas, perlunya adanya koordinasi dengan Polisi RW maupun Bhabinkamtibmas.

“Meski Polisi RW di tingkat dusun ini terbilang belum maksimal, itu semua karena keterbatasan personel dan jarak tempuh. Namun, Bhabinkamtibmas sudah diinstruksikan untuk berbaur dan responsif kepada masyarakat,” ujar Dwi.

Disisi lain, pihaknya mengapresi aktifnya Poskamling di Desa Astapah maupun Sogian, atas ikut andil kalangan pemuda bersiaga dan peduli terhadap Kamtibmas di desa. Namun, tidak melakukan penyalahgunaan narkoba.

“Jangan sampai pemuda-pemuda disini terjerumus ke narkoba. Lebih baik, ketika bersiaga di Poskamling melakukan hal-hal yang positif dan tidak merugikan orang lain,” tandas Dwi kepada awak media, saat itu juga berbaur dengan warga.

Perwira berpangkat dua balok emas dipundaknya ini berharap, kegiatan pengecekan dan pengawasan Poskamling, dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalikan peran Satkamling, dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Satkamling sangat berperan dalam membantu tugas Polri, di bidang pemeliharaan Kamtibmas, terlebih pada tahun mendatang akan memasuki tahun politik. Kami berharap, adanya Satkamling yang sudah aktif bisa menjadi ‘cooling system’ di lingkungannya masing-masing, jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan,” pungkasnya.

Sementara itu, Holis salah satu tokoh masyarakat Desa Sogian mengapresiasi, kegiatan Polres Sampang bersama Polsek jajaran, dalam rangka pengecekan dan pengawasan Poskamling yang ada di desa.

“Dengan turun kebawah (turba) seperti ini, akan menjadi semangat Satkamling dalam meningkatkan Harkatibmas di tingkat desa, sehingga tercipta Kamtibmas aman dan kondusif,” tandas pria yang aktif didunia aktivis tersebut.

Selain itu, ungkap Holis, ia berharap kehadiran Polres Sampang juga sebagai ajang mempererat hubungan silaturahmi antara masyarakat desa dan Polri, sehingga dapat mewujudkan jalinan komunikasi yang baik kedepannya.