Daerah  

Kunker Tim Wasev, Program TMMD Kontribusi Pembangunan Sampang

Caption: ketua tim Wasev dan Dandim 0828 Sampang bersama sejumlah PJU Kodim, saat meninjau lokasi sasaran TMMD di Desa Pasarenan, (dok. regamedianews).

Sampang,- Pasca menerima kunjungan kerja (kunker) Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117, di Makodim 0828 Sampang, Jawa Timur, kemudian dilanjutkan turun kebawah (turba) ke lokasi sasaran TMMD di Desa Pasarenan, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang.

Dalam kegiatan peninjauannya ke lokasi TMMD, Minggu (30/7/2023), Tim Wasev yang dipimpin langsung Kolonel Kav Mohammad Jaelani (Irut -3/Tahwil Itter Itum Itjenad), didampingi Komandan Kodim (Dandim) 0828 Sampang Letkol Czi Suprobo Harjo Subroto.

Namun, sebelum turba ke lokasi sasaran TMMD, saat tiba di Makodim 0828 Sampang, disambut langsung oleh Kasdim Sampang, Wakapolres Sampang, perwakilan Bapelitbangda, Bapemas dan Dinas PUPR Sampang.

Dalam sambutannya A.Mohibur Ridho Kasi Bapemas, mewakili Bupati Sampang H.Slamet Junaidi menyampaikan, terima kasih kepada Tim Wasev TMMD ke-117 tahun 2023, yang telah hadir di Kodim 0828 Sampang.

“Melalui kegiatan TMMD ini, kita dapat bersama-sama bergotong-royong membangun desa, membangun negeri tercinta, membangun kebersamaan sebagai satu bangsa dan satu tanah air Indonesia,” ungkapnya.

Maka dari itu, ungkap Ridho, jadikan momentum kegiatan TMMD, untuk semakin meningkatkan sinergi, menggugah kesadaran kita bersama untuk selalu menghidupkan budaya gotong royong dan mempererat tali persaudaraan.

“Selain itu, untuk merajut kebersamaan dan persatuan, meningkatkan karya, inovasi dan prestasi, membangun daerah kita, Kabupaten Sampang yang kita cintai bersama ini, agar semakin aman, religius, maju, dan sejahtera,” tandasnya.

Dirinya juga menyampaikan banyak terima kasih atas Kinerja TNI melalui TMMD ke-117, merupakan berkontribusi pembangunan yang sangat luar biasa, sehingga dapat dirasakan dampaknya oleh masyarakat dan juga bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Sampang.

“Semoga kegiatan yang dilaksanakan oleh TNI maupun masyarakat ini, bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat,” pungkas Kasi Bapemas Sampang.

Pada kesempatan tersebut, Kolonel Kav Mohammad Jaelani Irut-3/Tahwil Itter Itum Itjenad menyampaikan, pengawasan dan evaluasi TMMD ke-117 di wilayah Kodim 0828 Sampang yang saat ini sedang berjalan, bertujuan untuk mengukur kinerja organisasi Satgas TMMD, mulai tahap perencanaan.

“Juga dari tahapan persiapan, pelaksanaan sampai dengan pengakhiran dengan harapan agar kegiatan TMMD tahun 2023 ini dapat berjalan secara optimal, efektif dan efisien,” harapnya.

Tujuan kegiatan TMMD, imbuh Jaelani, selain untuk membantu percepatan pembangunan di daerah, juga untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat serta sebagai sarana mempererat kemanunggalan TNI-Rakyat.

“Hal itu, melalui mekanisme bottom up planning yang dilaksanakan secara komprehensif dan integral, dengan melibatkan semua unsur yang terkait, dimulai dari tingkat desa/kelurahan sampai dengan tingkat kabupaten/kota,” ujarnya.

Menurutnya, sasaran-sasaran TMMD telah dipilih berdasarkan skala prioritas, diteliti dan dipadukan dengan program Pemerintah Daerah, kemudian dibahas dalam forum DPRD, untuk disahkan menjadi program TMMD. Setelah kegiatan selesai, hasil TMMD akan diserahkan kepada Pemerintah Daerah untuk dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat.

“Atas nama Kepala Staf TNI-AD selaku PJO TMMD, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Daerah, serta seluruh komponen masyarakat atas kerjasama dan semangat gotong-royongnya dalam mendukung kelancaran kegiatan TMMD yang sedang berjalan,” pungkasnya.