Kabar Gembira, Warga Gunung Rancak Segera Nikmati Internet Tanpa Lelet

Caption: penyerahan nota kesepakatan akses Indihome oleh perwakilan pihak desa bersama tim Indihome beberapa bulan lalu (foto: istimewa).

Sampang,- Kabar gembira bagi warga Desa Gunung Rancak Kecamatan Robatal Sampang Madura, terutama yang berada di jalan utama akses desa, mulai dari Ombaran hingga kawasan SDN Gunung Rancak 1.

Pasalnya, tidak lama lagi warga di sekitar area tersebut, tidak akan lama lagi menikmati berselancar didunia internet tanpa lemmot.

Hal tersebut, setelah adanya penandatanganan realisasi sambungan jaringan internet oleh pihak desa dengan pihak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Telkom Indonesia Indihome.

Hal itu, disampaikan oleh Kepala Desa Gunung Rancak Mohammad Juhar, pada Jumat (29/03/2024), saat dihubungi oleh awak media ini melalui via telepon selulernya.

“Alhamdulillah, insha Allah sebentar lagi kita akan menikmati internet tanpa lelet, Indihome dari PT Telkom Indonesia akan aktif, tiang dan kabel juga udah dipasang,” ujarnya.

Juhar berharap, masuknya jaringan internet tersebut dapat betul-betul memberikan manfaat menunjang perekonomian ditengah masyarakat terutama didunia usaha dan pendidikan.

“Kami berharap hal ini dapat bermanfaat menunjang perekonomian dan pendidikan didesa ini, apalagi sekarang semua serba online, seperti ujian sekolah, kemudian bisnis,” imbuhnya.

Selain itu hadirnya Indihome tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat agar lebih ekonomis dibidang pengeluaran jasa internet, karena kapasitas yang akan didapatkan adalah unlimited.

“Yang punya keluarga lebih dari 4 tentu akan lebih ekonomis, tidak harus beli paket internet satu persatu, cukup sambung ke Wifi saja,” tuturnya.

Meski jaringan tersebut saat ini masih terbatas hanya disekitar akses poros jalan utama desa, namun hal tersebut menurutnya karena masih dalam tahap awal.

“Ini masih tahap awal, tentunya nantinya akan semakin luas, dan saya harap bisa menjangkau seluruhnya, terutama area pendidikan,” paparnya.

Ditempat terpisah Moh Nurul Kholis marketing area Indihome membenarkan bahwa pihaknya saat ini telah melakukan pemasangan komponen untuk desa Gunung Rancak yang dimulai sejak beberapa waktu lalu.

Dirinya mengaku progres pemasangan sudah hampir rampung dan hanya menunggu serah terima selanjutnya aktivitasi.

“Target bisa aktif sebelum hari raya, kita lihat aja perkembangannya nanti, tapi kita upayakan April ini sudah bisa dinikmati,” ungkapnya.

Nurul menambahkan bahwa program tersebut merupakan yang pertama untuk desa yang aksesnya agak masuk, dikawasan kecamatan Robatal.

“Untuk Gunung Rancak ini menjadi desa pertama sekaligus percontohan untuk kawasan kecamatan Robatal yang kami jangkau sampai agak masuk,” imbuhnya.

Meski menurutnya saat ini masih terbatas aksesnya, namun jika nantinya perkembangannya luar biasa, pihaknya pasti akan terus melebarkan jangkauan hingga semuanya bisa menikmati.

..