Daerah  

BPJamsostek Madura Berpartisipasi Dalam Penanaman Mangrove

Caption: penyerahan simbolis 500 bibit mangrove, (dok. BPJS Ketenagakerjaan).

Surabaya,- BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Madura telah berpartisipasi dalam kegiatan penanaman mangrove di Hutan Mangrove Surabaya, untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tahun 2024, Kamis (06/06/24).

Kegiatan yang diadakan pada tanggal 5 Juni 2024 kemarin adalah bagian dari program Employee Volunteering dengan tema “Go Green” dan berhasil mengumpulkan 5.000 bibit mangrove.

Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur, Hadi Purnomo menyatakan, kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara kantor cabang di Surabaya, Sidoarjo, dan Madura.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendukung upaya penghijauan dan konservasi lingkungan, khususnya di kawasan ekowisata Kota Surabaya,” ujarnya.

Menurut Indriyatno, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura, Employee Volunteering merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun dengan lokasi yang berbeda-beda, termasuk tempat ibadah atau fasilitas umum.

“Kegiatan ini melibatkan seluruh karyawan BPJS Ketenagakerjaan, termasuk pejabat struktural, dan dibiayai dari donasi sukarela karyawan sebagai bentuk tanggung jawab sosial terhadap lingkungan sekitar,” terangnya.

Penanaman mangrove memiliki banyak manfaat, termasuk:

Perlindungan terhadap cuaca ekstrem dan bencana: Mangrove menyerap dampak gelombang, menjadikannya pertahanan yang baik terhadap bahaya seperti badai dan banjir.

Penyimpanan karbon: Mangrove menyerap hingga lima kali lebih banyak karbon daripada hutan di darat, menyimpannya dalam daun, cabang, akar, dan sedimen di bawahnya.

Peningkatan kualitas air: Mangrove memperbaiki kualitas air dengan menyaring nutrisi dan sedimen.

Habitat bagi hewan terancam: Lebih dari 1.500 spesies tumbuhan dan hewan bergantung pada mangrove.

Dengan penanaman ini, BPJS Ketenagakerjaan berharap dapat meningkatkan ekosistem perairan dan pendapatan nelayan setempat.

“Ini menunjukkan komitmen BPJS Ketenagakerjaan terhadap pelestarian alam dan kesejahteraan masyarakat lokal,” pungkasnya.

..