Opini  

Apakah Thariq Modanggu Akan Maju di Pilkada Gorut 2024 ? 

Caption: Thariq Modanggu saat bertemu dengan masyarakat, (dok. regamedianews).

Gorut,- Sebuah pertanyaan dari beberapa orang yang sering berjumpa dengan saya, adalah tentang bagaimana langkah politik yang akan diambil oleh mantan Bupati Gorut Thariq Modanggu, pada Pilkada Gorut 2024 akan datang.

Sebuah pertanyaan yang selalu ditanyakan kepada saya dan terasa aneh bagi saya, sebab pertanyaan ini seharusnya tidak diarahkan kepada saya. Sebab saya bukanlah politisi atau pun kader partai beliau, dan juga bukan sebagai simpatisan atau militansi Thariq Modanggu.

Saya hanyalah seorang jurnalis dan penggiat literasi yang mengagumi sosok Thariq Modanggu, karena tulisan-tulisan dan kecerdasan beliau. Tentang hak politik, sikap atau langkah politik yang akan diambilnya dalam menghadapi Pilkada Gorut mendatang, bukanlah urusan saya apalagi wajib tahu soal itu.

Mungkin saja, banyak yang menanyakan hal ini, karena melihat saya banyak menulis tentang Thariq Modanggu. Tetapi, jika saya jadi kader partai yang kini dipimpin Thariq Modanggu, maka saya akan mendorong beliau untuk tetap maju bertarung pada Pilkada Gorut 2024 mendatang.

Hal itu saya akan lakukan, bukan karena tanpa alasan. Sebab partai Golkar Gorut yang kini dinahkodai Thariq Modanggu, harus merebut posisi gengsi politik di eksekutif Kabupaten Gorut, setelah dalam perhelatan Pileg 2024 baru-baru ini tak lagi mendapatkan kursi pimpinan di parlemen legislatif Kabupaten Gorut.

Thariq harus naik lagi di atas panggung kontestasi Pilkada Gorut 2024, sebab hanya dirinya lah satu-satunya tokoh yang kini harus bertanggungjawab menyempurnakan program Ceria yang sempat dibuatnya, untuk membangun Kabupaten Gorut ke arah yang lebih baik, sesuai cita-cita nya bersama para tokoh KPK Kabupaten Gorut yang lain.

Apalagi, menurut desas desus yang kini beredar, elektabilitas Thariq Modanggu masih tinggi di Kabupaten Gorut, sehingga hal ini menjadi modal tersendiri bagi Thariq untuk kembali berjuang dan memenangkan Pilkada Gorut 2024, entah bagaimana caranya dengan tetap mengedepankan budaya politik yang baik.

Tapi apakah dirinya berani untuk mengambil langkah itu? Pertanyaan ini hanya wajar dan harus dilayangkan ke diri Thariq sendiri, dan hanya dirinyalah yang bisa menjawab. Sebab selama saya mengenal Thariq, dirinya terbilang orang yang cukup misterius. Saking misteriusnya, saat ini tak ada satu pun yang tahu Thariq akan tetap maju bertarung atau tidak.

Meski demikian, kabar apakah Thariq Modanggu akan maju pada Pilkada Gorut 2024, sangat dinanti-nanti oleh banyak kalangan. Hal ini dapat dinilai, dari banyaknya yang selalu bertanya tentang langkah politik Thariq ke depan pada ajang Pilkada Gorut 2024. Bahkan, mungkin saja, para lawan politiknya juga penasaran dengan hal ini.

Sebab mengetahui langkah politik Thariq kedepan, akan membuat mudah membaca peta politik Kabupaten Gorut menjelang Pilkada 2024, serta dapat dengan kongkrit menyusun strategi menghadapi kekuatan Thariq yang saat ini masih mengakar di Bumi Gerbang Emas (Gorontalo Utara).

Dengan pengaruh Thariq di Kabupaten Gorut yang masih tinggi, dalam menghadapi Pilkada Gorut 2024 mendatang, Thariq hanya perlu menyiapkan armada koalisi politiknya. Soal “isi tas”, Thariq dikenal dengan pasukan militannya yang mampu bertempur walau hanya dengan “Bambu Runcing”.