Daerah  

Berangkat Ilegal, TKW Asal Bandung Barat Dipulangkan Dalam Keadaan Depresi

ilustrasi

Bandung Barat, (regamedianews.com) – Kulsum (44 th) Tenaga Kerja Wanita (TKW) ilegal yang sempat bekerja di Arab Saudi telah dipulangkan kepada keluarganya di Kampung Cipadang Manah, RT 01/16, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kulsum tiba di rumahnya pada Selasa (25/2/2020) setelah dijemput pihak keluarga ke Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Ibu satu anak itu bekerja sebagai pembantu rumah tangga.
Namun, sepulangnya dari Arab Saudi, Kulsum seperti mengalami depresi berat setelah diduga mengalami kendala bahasa. Ia berangkat secara ilegal dengan fasilitas sponsor dari Cianjur, tanpa dibekali keahlian apapun, termasuk bahasa.

“Baru pulang kemarin dari Arab, kerja di sana udah 8 bulan,” terang Idah (76), ibu kandung Kulsum saat ditemui di kediamannya, Rabu (26/2/2020).

Sebab diduga mengalami depresi, Kulsum akhirnya dilarikan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Cisarua, Kab. Bandung Barat untuk mendapat perawatan. Saat tiba di rumah, kata Idah, kondisi fisik Kulsum dalam keadaan sehat.

“Lagi berobat di rumah sakit (RSJ). Baru sedikit ngobrolnya, tapi allhamdulilah enggak lupa sama ibu,” tutur Idah.

Nunung Samsudin (67), kakak ipar Kulsum menambahkan, secara mental terlihat bahwa adik iparnya itu nampak sedang tidak baik-baik saja. Untuk itu, pihaknya memutuskan untuk membawanya ke RSJ Cisarua.

“Kemarin sore langsung di bawa ke rumah sakit. Kurang nyambung kalo diajak ngobrol,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Seksi Penempatan dan Perluasan Kerja pada Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bandung Barat, Sutrisno membenarkan ada warganya yang menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi, yang kemudian mengalami depresi. Dia berangkat ke luar negeri melalui sponsor dari Cianjur.

“Kulsum berangkatnya secara ilegal. Karena tidak mendapat bekal pengetahuan untuk bekerja di Arab Saudi, seperti bahasa sehingga selama bekerja mengalami kendala bahasa. Hal itulah yang membuatnya depresi,” ujarnya.

Kulsum dipulangkan melalui jalur diplomatik ke Indonesia pada Jumat (21/2/2020). Setibanya di bandara, TKI tersebut langsung dibawa ke Rumah Sakit Kramat Djati Polri, Jakarta.

Sutrisno mengatakan, yang bersangkutan sudah mendapatkan perawatan di RSJ Cisarua. “Dia kan masih ditangani secara medis. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak RSJ,” tandasnya (barien/wie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *