Daerah  

Pupuk Matahari Terbit Solusi Baru Bagi Petani Bangkalan

Caption: pose bersama usai sosialisasi pupuk komersil lokal di Desa Poter Bangkalan, (dok. regamedianews).

Bangkalan – CV. Sari Tani Gresik telah meluncurkan pupuk matahari terbit yang diharapkan menjadi solusi bagi petani di Bangkalan, Jawa Timur, terutama di tengah kelangkaan pupuk subsidi.

Pupuk ini tidak hanya menjanjikan kualitas hasil tanaman yang baik, tetapi juga memberikan kekuatan pada batang tanaman, serta menghasilkan tanaman dengan daun yang tetap hijau.

Erwin Haryanto, Jenderal Manajer CV. Sari Tani Gresik menjelaskan, pupuk matahari terbit memiliki kandungan nutrisi 15-15, lebih unggul dibandingkan pupuk subsidi yang umumnya memiliki kandungan lebih rendah.

“Pupuk ini dirancang untuk meningkatkan hasil tani. Daunnya akan tetap hijau, tanaman lebih kuat, dan hasil panen lebih padat,” kata Erwin saat acara sambung rasa dan sosialisasi pupuk komersil lokal di Desa Poter, Kecamatan Tanah Merah, Selasa (23/7/2024).

Erwin juga menekankan, harga pupuk matahari terbit ini bersaing dengan pupuk di pasaran, bahkan dengan pupuk subsidi.

“Kami berkomitmen untuk membantu petani agar dapat mencapai hasil tani yang lebih baik dan berkelanjutan,” tambahnya.

Agus Supriyadi, ketua Poktan Harapan Makmur 1 Desa Poter mengungkapkan, hasil positif setelah menggunakan pupuk matahari terbit.

“Hasil panen saya meningkat dari lima ton menjadi 6,6 ton per hektar, setelah menggunakan pupuk matahari terbit ini. Warna tanaman lebih cerah dan bobotnya lebih padat,” ujarnya dengan antusias.

Abdul Ghofur, ketua kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Tanah Merah, berharap kehadiran pupuk matahari terbit ini akan memberikan bantuan yang signifikan bagi petani di daerahnya.

“Terutama saat menghadapi kelangkaan pupuk subsidi. Kami berharap dapat terus menggunakan pupuk matahari terbit, untuk meningkatkan hasil pertanian di Bangkalan,” pungkasnya.