MENGUNJUNGI SERPIHAN SURGA KECIL DIPULAU MADURA ( PULAU GILI LABAK)

0
502
View Gili Labak
View Gili Labak
View Gili Labak

Sumenep (RMN.com)-Para Traveller yang mungkin lagi bingung untuk menikmati weekend day mungkin ada baiknya untuk mencoba bertandang menghirup Surga Pulau Madura Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Sumenep, dipenghujung timur Pulau Madura, disini terdapat Surga kecil yang mampu menambah moment liburan anda makin bermakna, yaitu Wisata Pantai di Pulau Gili Labak (Labek) yang keindahannya merupakan kreasi Tuhan Yang Maha Sempurna. Letak Pulau Gili Labek ini berada di Desa Kombang, Kecamatan Talango Kabupaten Sumenep. Tepatnya, lokasi pulau yang hanya dihuni oleh sekitar 35 kepala keluarga dan memiliki luas 5 hektar ini berada di sebelah tenggara kota Sumenep. Pulau ini dapat ditempuh dalam waktu 30 menit dengan berjalan kaki.

Penawaran andalan yang dapat anda nikmati dari Serpihan Surga dari Pulau Madura ini adalah keindahan biota bawah laut yang akan memuaskan para penghobi snorkeling dan diving. Hamparan gugusan terumbu karang dan warna-warni keberagaman ikan lautnya akan membuat Anda betah berlama-lama berwisata disana. Selain itu, hamparan pasir putih bersih dan pemandangan laut biru dengan desiran ombaknya yang tenang menambah pesona keindahan pulau yang masih perawan dan terpencil ini.


Akses Menuju Pulau Gili Labak

Bagi anda traveller Nusantara yang berada di luar Pulau Madura, anda dapat melakukan perjalanan dari rute berikut, Akses untuk menuju ke Pulau Gili Labak ini bisa diawali dari Kota Surabaya melewati jembatan Suramadu menuju ke Kabupaten Sumenep di ujung paling timur Pulau Madura dengan jarak tempuh sekitar 4-5 jam perjalanan dengan menggunakan bus atau mobil pribadi. Di pesisir tenggara kabupaten Sumenep terdapat banyak pelabuhan kecil yang bisa dijadikan akses untuk menuju ke Pulau Gili Labek. Para wisatawan harus boking perahu sendiri karena tidak ada tranportasi perahu reguler yang menuju ke Pulau Gili Labak, hal ini disebabkan karena pulau ini sangat kecil. Anda dapat memilih rute mana yang akan digunakan untuk menuju kesana.

Atau alternative kedua, anda bisa naik pesawat Melalui Bandara International Juanda Surabaya, karena dari Sana telah ada rute penerbangan yang langsung Menuju Jantung kota Sumenep, sehingga selain efisien waktu anda bisa berlama-lama menikmati indahnya pesona gili labak tersebut.

Akses darat, anda bisa melalui Pelabuhan Kalianget yang merupakan pelabuhan terbesar di Kabupaten Sumenep karena pelabuhan ini akses untuk mencapai pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Madura, seperti Pulau Raas, Pulau Sapudi, Pulau Kangean, Pulau Masalembu dan beberapa pulau kecil lainnya. Pelabuhan kalianget berjarak sekitar 10 km dari pusat kota dan pelabuhan ini yang paling banyak digunakan oleh para wisatawan untuk menuju Pulau Gili Labak.

Anda juga bisa menaklukan rute laut melalui desa Lobuk Kecamatan Bluto, Rute ini merupakan yang terdekat dibandingkan dengan rute yang lainnya. Desa Lobuk ini terletak di Kecamatan Bluto (kecamatan sebelum kota Sumenep dari arah Surabaya) memiliki dermaga mini yang merupakan rute untuk menuju ke Pulau Gili Raja dan Gili Genting.posisinya tepat berada Di pertigaan Kecamatan Bluto langsung belok kanan ke arah timur sampai ketemu Desa Lobuk. Disinilah dermaga kecil ini berada dan wisatawan dapat langsung memesan perahu.

Selain itu anda bisa melalui akses Tanjung yang berada di Kecamatan Saronggi terletak setelah Kecamatan Bluto. Di pertigaan Pusat kecamatan ini wisatawan dapat langsung berbelok ke arah timur (arah kanan) dan terus melanjutkan perjalanan sampai bertemu dermaga yang banyak tersedia transportasi perahu kecil menuju Pulau Gili Labak.

Tak hanya itu, untuk menuju Pulau eksotis nan memikat ini, anda bisa melalui desa Kombang, Kecamatan Talango tepatnya pulau Poteran, Rute ini hampir sama dengan jalur ke Pulau Gili Labak dari Pelabuhan Kalianget. Bedanya, dari Pelabuhan Kalianget wisatawan tidak langsung naek perahu ke Pulau Gili Labak, tetapi lebih dahulu menuju ke Pulau Poteran karena Desa Kombang berada di pulau ini tepatnya di Kecamatan Talango. Jarak tempuh laut dari Desa Kombang ini lebih dekat dibandingkan jarak tempuh laut rute yang lainnya.

Nah sekarang terserah anda mau melewati rute yang mana, yang terpenting sediakan segala perlengkapan secucukpnya, termasuk peralatan yang akan digunakan, persediaan Makanan dan Tenda kecil untuk beristirahat, karena berada dipulau kecil ditengah laut, tak semudah seperti didaratan dan perkotaan untuk membeli kebutuhan.

Selamat Menikmati weekend day, dan salam Travelling

(Liputan Khusus :Mohammad Fauzan)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here