Ikut Posyandu Jadikan Anak Sehat dan Cerdas

0
238

102_5145    102_5150

Sampang (regamedianews) – Sekitar pukul 08.00 Wib (15/07) Bertempat di kediaman Jauzeh Syafi’ih Arman Kordinator Posyandu Jl.  Aji Gunung Kelurahan Gunung Sekar Sampang telah diadakan kegiatan Posyandu, dalam kegiatan tersebut  hadir Tim Pengawas Posyandu Provinsi Jawa Timur, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kab. Sampang Eni Widowati, dan Lurah Gunung Sekar Achmad Wardi. Posyandu kali ini bertemakan “Ayo… Ketaman Posyandu Menjadikan Anak Indonesia Yang Sehat, Cerdas dan Berakhlak Mulia”,  kegiatan posyandu tersebut rutin dilaksanakan setiap bulannya, namun posyandu di Jl. Aji Gunung sangatlah beda dengan posyandu yang ada di Kampung atau Desa lainnya, karena pelayanan istimewa yang berikan oleh para tim posyandu kepada para ibu balita dan balitanya.


Jauzah Syafi’ih Arman selaku koordinator Posyandu Jl. Aji Gunung Kel. Gunung Sekar Sampang mengajak semua warga terutama yang memiliki balita menjadikan Posyandu sebagai pilar kesehatan balita. Hal tersebut disampaikannya saat mengadakan kegiatan posyandu, bukan hanya mengajak warga untuk keposyandu akan tetapi dirinya bersama tim juga berhasil memenangkan lomba posyandu mewakili Kab. Sampang dalam perlombaan posyandu tingkat Jawa Timur.

“posyandu itu pilar dari kesehatan anak, karena saat ini tidak hanya di Rumah Sakit, di Posyandu juga lengkap seluruh imunisasi anak dari balita, makanya, sekarang saya mengajak semua ibu membawa bayinya ke posyandu sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan masing-masing, imunisasi anak lengkap, anak sehat,” Imbuhnya.

Ditempat yang sama Kasi Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kab. Sampang Eni Widowati mengatakan, Posyandu merupakan pelayanan kebutuhan masyarakat di sektor kesehatan terkecil adalah wadah pelayanan kesehatan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Untuk itu, perlu adanya kesadaran masyarakat guna meningkatkan pelayanan posyandu, dengan memberikan pencerahan dan mengajak semua komponen masyarakat sehingga mereka dapat memahami bagaimana menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan juga menghidupkan posyandu.

Eni widowati menambahkan maksud dan tujuan kegiatan posyandu ini ialah unutuk menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB), Angka Kematian Ibu ( ibu Hamil, melahirkan dan  nifas), membudayakan NKKBS, meningkatkan peran serta dan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera, berfungsi sebagai wahana gerakan reproduksi keluarga sejahtera, gerakan ketahanan keluarga dan gerakan ekonomi keluarga sejahtera.

H. Moh. Tohir Ketua jatim Corruption Watch (JCW) Sampang dan selaku salah satu tokoh masyarakat warga sekitar menurutnya kegiatan posyandu sangat baik terutama bagi kalangan ibu – ibu yang mempunyai balita, karena dengan mengikuti posyandu bisa mengecek kesehatan balita, dirinya juga mendukung kegiatan yang dilakukan oleh kalangan ibu – ibu dalam artian kegiatan yang positif apalagi berhubungan dengan program pemerintah, salah satunya seperti kegiatan posyandu. (yat/har)

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here