Sri Mulyani: Indonesia Patut Belajar Dari Negara Yang Pemanfaatan Geothermalnya Sudah Maju

0
441
Menteri Keuangan RI (Sri Mulyani Indrawati), saat hadir dalam penyerahan Program Community Development PT. Geo Dipa Energi (GDE) di Kecamatan Ciwidey, Bandung.

Bandung, (regamedianews.com) – Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati mengatakan, saat ini Kementerian Keuangan bersama ESDM, tengah mengembangkan kebijakan dalam mendiversifikasi sumber energi di Indonesia.

“Tidak hanya yang berasal dari non-renewable (tidak terbarukan) seperti dari batu bara, minyak dan gas tapi juga dari yang renewable (terbarukan). Energi geothermal termasuk yang memiliki prospek paling besar,” katanya saat hadir dalam penyerahan  Program Community Development PT. Geo Dipa Energi (GDE) di Kecamatan Ciwidey, Bandung, Kamis (13/12/2018).


Baca juga PT Inalum Bahas Divestasi PT Freeport Meski Masih Dalam Proses Perkara Pajak, Ini Kata Pengacara Inalum

Menurut Sri, Indonesia patut belajar dari negara yang pemanfaatan geo thermalnya sudah maju. “Kita patut dan jangan sungkan untuk belajar dari negara-negara yang sudah maju. Selandia Baru dan Islandia. Dulunya tidak punya sumber energi dan sangat bergantung pada minyak bumi. Kini mereka (kedua negara ini) sudah mengeksplor energi geothermal sehingga perekonomiannya menjadi kuat,” imbuhnya.

Sementara Direktur Utama GDE Riki Ibrahim menyebut, empat program CSR dan Community Development, sudah dilakukan pihaknya sampai akhir tahun 2018. “GeoDipa Peduli, Hijau, Pintar dan GeoDipa Maju, kami persembahkan atas dasar kecintaan kami kepada masyarakat dimana kami beroperasi,” katanya.

Baca juga Sri Sultan Hamengkubowono X Kunjungi Pulau Madura Bisa Mempererat Hubungan Madura Dengan Jawa Semakin Harmonis

Selain itu pengembangan ecopark, tengah dilakukan GDE Unit Patuha bersama warga setempat. “Kami tengah mengembangkan river tubing. Batu-batuan di sungai kami angkat bersama masyarakat, lalu kami jadikan tempat wisata. Itu juga akan kami lakukan di sungai-sungai lainnya, sehingga akan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” terangnya. (aga/agil)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here