Wujud Sinergitas TNI Dengan Pemerintah, TMMD Mempercepat Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat

0
510
Suasana saat berlangsungnya upacara pembukaan TMMD Ke-105 di Kabupaten Blitar.

Blitar, (regamedianews.com) – Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto, MM menjadi Inspektur upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-105 Ta. 2019 di Wilayah Kodim 0808/Blitar, Kamis (11/07/2019) kemarin. Acara pembukaan TMMD ke-105 tersebut dipusatkan di Lapangan Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar.

Hadir juga para pejabat dari lingkup Pemerintah Kabupaten Blitar,mulai tingkat camat sampai kepala SKPD serta Pejabat TNI dan Polri, Ormas, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. Sedangkan sebagai peserta upacara prajurit TNI dan Polri, PNS Pemda, Pelajar, Pramuka, dan Mahasiswa.


Dalam sambutannya Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto juga membacakan amanat Gubernur Jawa Timur, bahwa
Pelaksanaan TMMD dimulai 10 Juli 2019 s/d 8 Agustus 2019 atau 30 hari kalender. Sedangkan untuk Provinsi Jawa Timur dilaksanakan di 5 daerah dan Pembukaan dipusatkan di Lapangan RTH Maron, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi.

“Dengan harapan bisa mencapai hasil yang maksimal, sebagaimana yang telah direncanakan bersama dan manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Sesuai dengan semangat yang tertuang dalam tema TMMD Ke-105 tahun 2019 yaitu Membangun Untuk Masyarakat dan Meningkatkan Kesejahteraannya”, tutur Rijanto.

TNI dengan rakyat tidak bisa dipisahkan, TNI dengan rakyat melalui pelaksanaan kegiatan TMMD merupakan wujud nyata pengabdian TNI kepada bangsa dan negara yaitu dari rakyat, oleh rakyat dan kembali untuk rakyat. Diluar tugas utama TNI juga sebagai penjaga kedaulatan negara.

“Program TMMD merupakan sebuah program bersifat lintas sektor, dari seluruh komponen pembangunan bangsa ini. Baik dari Kementerian lembaga Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan masyarakat yang menjadi lokasi sasaran kegiatan Program TMMD”, tandasnya.

Lebih lanjut Rijanto menyampaikan, kegiatan TMMD merupakan sebuah sinergi yang kuat antara TNI dengan pemerintah baik pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten. Untuk memperluas dan mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat umum kususnya masyarakat Jawa Timur.

“Program TMMD diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap percepatan pembangunan, melalui pemberdayaan ekonomi dan kemandirian masyarakat. Menempatkan desa sebagai subjek agar bisa merencanakan sendiri, melaksanakan sendiri, dan memberdayakan sendiri masyarakatnya dari berbagai program kegiatan.

Pelaksanaan TMMD ke seluruh lokasi sasaran juga diharapkan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, untuk lebih meningkatkan kesejahteraan hidupnya oleh karena itu perlu perannya masing-masing pemangku kepentingan, untuk bisa berkolaborasi, koordinasi, bersinergi dalam rangka pelaksanaan kegiatan TMMD.

“Program ini juga di harapkan bisa mensosialisasikan tentang bahaya penggunaan narkoba di desa, dan betapa pentingnya memahami wawasan kebangsaan bela negara dan upaya-upaya pencegahan faham radikalisme”, pungkasnya.

Sekedar diketahui, upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Membangun Desa (TMMD) Ke-105 Tahun 2019 di Wilayah Kodim 0808/Blitar, secara simbolis Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto, MM, yang di dampingi Kadis PUPR Kabupaten Blitar, Puguh Imam Susanto menyerahkan alat kerja kepada anggota TNI, Polri dan masyarakat. (mst)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here